IBL

Terlepas dari apapun hasil Miami Heat musim ini, Udonis Haslem akan mengucapkan perpisahan. Pemain veteran berusia 42 tahun itu menjalani gim musim reguler terakhirnya pada Minggu (9/4) di FTX Arena, Miami. Pada gim tersebut, Haslem mencetak 24 poin selama 25 menit dari kemenangan 123-110 atas Orlando Magic. Ini adalah skor terbanyaknya sejak musim 2009.

“Entah saya menjadi pemain inti tim, orang pertama dari bangku cadangan, atau tidak bermain sama sekali, kalian selalu mendukung saya dengan menunjukkan rasa kasih. Bagi saya itu indah dan tidak ternilai harganya. Itulah semuanya menjadi begitu mudah untuk memberikan segalanya,” kata Haslem dalam pidatonya.

Heat memberikan momen khusus untuk menghormati musim reguler terakhir Haslem yang sudah berjalan selama dua dekade. Pada seremonial itu juga dihadiri istri dan keluarga Haslem. Bam Adebayo memberi kejutan dengan memberikan hadiah berupa sebuah kursi goyang.

Kursi goyang itu sendiri juga didekorasi dengan nomor jersey 40 milik Haslem, yang kemungkinan besar akan dipensiunkan. Juga dengan daftar tahun kejuaraan yang dimenangkan Haslem dengan Heat pada 2006, 2012, dan 2013. Sepanjang 20 tahun berkarier di NBA, Heat menjadi satu-satunya tim yang pernah diperkuat Haslem.

“Saya akan merindukan semangatnya, suaranya, dan kegigihannya. Dia memiliki ambisi yang luar biasa dan tulus. Setiap hari dan tidak mengalami hari yang buruk. Mungkin ada hari dimana ia bisa marah dengan tim atau saya, tetapi itu adalah bentuk ketulusan untuk tim,” ujar Erik Spoelstra, pelatih Heat.

Haslem mengawali karier sejak 2002 silam. Pada tahun yang sama, produk University of Florida itu tidak terpilih dalam NBA Draft. Kemudian Haslem bermain untuk Chalon Sur Saone di LNB Pro A (Prancis). Musim berikutnya Haslem mendapat kontrak dari Heat, yang juga menjadi kampung halamannya.

Heat mengakhiri musim reguler ini dengan rekor 44-38 dan menempati urutan ketujuh Wilayah Timur. Hasil ini memaksa mereka untuk melalui fase play-in. Heat akan berusaha mempertahankan posisinya di playoff dengan melawan Atlanta Hawks pada laga kandang Selasa (11/4) waktu setempat. (rag)

Foto: NBA

Komentar