IBL

Pada Juni 2022 lalu, LeBron James resmi dinobatkan sebagai miliarder oleh Forbes. Pada tahun yang sama, ia menjadi pemain NBA dengan bayaran tertinggi. Kini superstar Los Angeles Lakers itu menempati posisi ke-9 dari 10 besar miliarder olahraga. Hanya dua atlet aktif yang berada dalam daftar tersebut. 

“Tiger Woods dan LeBron James telah bergabung sebagai dua atlet aktif yang menjadi miliarder. Mereka telah mengubah pendapatannya dari olahraga dan iklan menjadi sangat besar hingga menyentuh sepuluh digit melalui langkah bisnis yang cerdas,” tulis Forbes.

Setelah memecahkan rekor poin sepanjang masa pada Februari lalu, pundi-pundi kekayaan LeBron terus bertambah. Forbes melaporkan pemain berusia 38 tahun itu saat ini memiliki kekayaan bersih AS$1 miliar. LeBron diproyeksikan menghasilkan AS$124,5 juta selama tahun ini saja.

Pendapatan itu didapat dari kontraknya dengan Lakers dan berbagai bisnis serta iklan di luar lapangan. All-Star 19 kali itu memiliki kontrak dengan Lakers hingga musim depan. LeBron juga memiliki opsi pemain pada musim 2024-25 yang memungkinkannya mendapat jaminan sebesar AS$50,6 juta.

Porsi paling besar didapat dari endorsement dari Nike, AT&T, dan Pepsi. LeBron juga menaruh investasi di berbagai bidang. Seperti real estate dan perusahaan hiburan SpringHill. Ia menanam saham di Blaze Pizza, perusahaan kebugaran Tonal, tim Major League Pickleball, Fenway Sports Group yang mengakuisisi Liverpool, dan pemilik Boston Red Sox.

Sementara itu Tiger Woods memiliki kekayaan bersih AS$1,1 miliar. Ia bisa saja menambah kekayaannya lebih banyak. Tetapi Woods menolak tawaran senilai AS$800 juta untuk bergabung dengan tur LIV Golf yang disponsori Saudi. Forbes menyebut Woods tidak membutuhkan uang.

Selama tiga dekade berkarier, Woods telah meraup lebih dari AS$1,7 miliar. Jumlah itu berasal dari iklan, hadiah turnamen, dan berbagai pendapat lain sebelum dipotong pajak dan biaya agen.

Sebanyak 8 miliarder olahraga lain merupakan para pemilik klub. Peringkat pertama ditempati oleh Robert “Woody” Johnson. Pemilik klub NFL New York Jets itu memiliki kekayaan bersih AS$3,4 miliar. Disusul Larry Tanenbaum (Toronto Raptors, Toronto FC, dll) dengan AS$2 miliar. Serta David Blitzer (Philadelphia Sixers) dan Mark Davis (Las Vegas raiders) dengan masing-masing AS$1,9 miliar. (rag)

Foto: NPR, Entepreneur

Komentar