IBL

Legenda NBA Shaquille O'Neal menghabiskan 19 tahun di liga sebagai salah satu pemain besar terkuat dan paling dominan dalam sejarah. Memenangkan empat gelar NBA, sekali jadi MVP dan 14 kali masuk All-NBA. Meski demikian, saat pensiun O'Neal mengaku mulai terlihat tua, dan sebelumnya dikabarkan telah mencapai berat maksimal 147 kilogram. Kini dia mengubah penampilannya menjadi lebih atletis. Motivasinya sederhana, O'Neal tidak ingin seperti Charles Barkley. 

O'Neal telah memamerkan fisik barunya yang atletis, tampak benar-benar bersemangat dalam rekaman baru yang diposting ke Instagram. Klip tersebut menunjukkan O'Neal melakukan pull-down. O'Neal terlihat lebih ramping daripada video latihan sebelumnya yang dia unggah di Instagram. 

Pada bulan Oktober 2022, saat tampil di podcast "Impaulsive" Logan Paul, O'Neal mengatakan co-host NBA TV Charles Barkley adalah inspirasi untuk transformasi tubuhnya. "Saya suka menciptakan motivasi gila," katanya, dengan nada bercanda. "Saya melihat diri saya sendiri dan saya memiliki badan pensiun milik Charles Barkley. Saya tidak ingin perut saya kembung lagi. Jadi saya seperti termotivasi untuk menjadi langsing lagi."

Dikutip dari The New York Post, O'Neal mengatakan sejak programnya dimulai tahun lalu, dia telah memangkas bobot tubuhnya lebih dari 25 kilogram. Dia mengatakan perut six-pack bukanlah sesuatu yang dia cita-citakan. "Saya mencoba mengembalikan berat badan ideal saja. Saya ingin memiliki otot," katanya. 

Shaq juga mengatakan bahwa tidak ada yang istimewa dalam latihannya. "Cukup kardio, 30 sampai 40 menit, lalu latihan dada, lengan, bisep, trisep," ungkap O'Neal kepada GQ pada bulan awal bulan Maret 2023. "Latihan untuk orang tua yang sederhana. Saya tidak bisa melakukan semua hal seperti aplikasi CrossFit," kelakarnya. 

Basketball Hall of Famer tersebut mengatakan dia mulai memperhatikan kesehatannya dengan lebih serius setelah kunjungan dokter yang menemukan bahwa dia menderita sleep apnea. O'Neal juga bilang kalau belakangan dia tergantung pada obat penghilang rasa sakit, tetapi tidak kecanduan. O'Neal tahun lalu telah merombak total pola makannya. Dia tidak lagi makan roti, mengonsumsi biskuit saat malam, dan beralih ke makan buah, protein shake, salad, ikan, sayuran. 

Dalam sebuah wawancara dengan Men's Journal O'Neal mengatakan bahwa dia telah kehilangan motivasinya untuk menjaga kebugaran, setelah mengalami sejumlah peristiwa yang memilukan pada tahun 2020. Peristiwa tersebut termasuk kematian saudara perempuannya, Ayesha Harrison-Jex, dan teman baik sekaligus mantan rekan setim Lakers, Kobe Bryant.

"Adikku meninggal sebelum Kobe. Dan, kemudian Kobe meninggal dunia dan 28 orang lainnya meninggal dunia. 2020 adalah tahun yang sangat buruk dan saya tidak ingin melakukan apa pun. Jadi, ketika Anda tidak ingin melakukan apa pun, tetapi Anda harus menghindari masalah, ada dua hal yang dapat Anda lakukan, makan dan nonton Netflix," ujar O'Neal

Tapi sekarang O'Neal kembali memperhatikan kebugaran tubuhnya dan berpesan, "Olahraga satu jam sehari akan menjauhkan perut Charles Barkley," katanya sembari tertawa. (*)

Foto: Fadeaway World

Komentar