IBL

Perjuangan Lonzo Ball menghadapi cedera lututnya terus berlanjut. Pada Kamis (16/3) waktu setempat, Chicago Bulls mengumumkan Lonzo akan menjalani operasi lutut ketiganya. Pada prosedur kali ini Lonzo akan menjalani transplantasi tulang rawan di lutut kirinya. Ia absen tanpa batas waktu.

 “Ini merupakan proses yang membuat frustasi. Tetapi saya yakin langkah ini merupakan jalan terbaik untuk masa depan saya. Dukungan dari keluarga, teman, penggemar, dan staf medis membuat saya bisa melalui ini. Saya tidak sabar untuk melakukan hal yang paling saya sukai, bermain basket,” kata Lonzo dalam keterangan resminya.

Lonzo terakhir kali bermain pada 14 Januari 2022 lalu. Ia melewatkan sepanjang musim 2022-23. Selama 14 bulan menepi, ia menjalani dua kali operasi. Prosedur terakhir ia jalani pada September lalu. Setelah dievaluasi selama 4-6 minggu, kondisi Lonzo tidak kunjung membaik.

“Ini merupakan jalan panjang yang menantang baginya. Kami mendukung penuh keputusan ini. Pelatih dan staf medis kami berkomitmen untuk pemulihan Lonzo dan bekerja dengannya selama fase berikutnya untuk memastikan ia kembali sehat dan bisa bermain basket lagi,” ujar Arturas Karsinovas, Wakil Presiden Eksekutif Operasi Bola Basket Chicago Bulls.

Setelah menjalani operasi kedua lalu, Lonzo berharap bisa pulih dan kembali tampil pada musim ini. Pemain berusia 25 tahun itu akhirnya memang bisa bermain dan mengikuti latihan. Tetapi ia masih mengalami rasa sakit yang berkepanjangan. Hal ini membuat Bulls belum bisa menurunkannya dalam pertandingan.

Lonzo merupakan pilihan kedua NBA Draft 2017 oleh Los Angeles Lakers. Setelah dua musim di Lakers, ia ditukar ke New Orleans Pelicans. Lonzo kemudian berlabuh ke Bulls pada Agustus 2021. Pada musim pertamanya dengan Bulls itu, Lonzo mencetak rata-rata 13 poin, 5,1 asis, dan 5,4 rebound serti akurasi 43 persen tripoin. Lonzo juga memainkan peran penting saat Bulls memimpin 27-13 pada musim 2021-2022. (rag)

Foto: NBA

Komentar