IBL

Pekan ini banyak perkelahian di NBA. Bahkan dalam dua hari terakhir, pertandingan NBA juga diwarnai perkelahian. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena para pemain kurang bisa mengendalikan emosinya. Komisioner NBA Adam Silver sudah diperingatkan mengenai hal ini, dan sudah menyiapkan antisipasinya.

Pada pertandingan Atlanta Hawks melawan Boston Celtics, Minggu (12/3) waktu Indonesia, Trae Young dan Marcus Smart terlibat perkelahian. Perkelahian dimulai saat Young menyerang dan secara tidak sengaja menendang Smart di bagian bawah. Smart dengan cepat mendekati Young, dan akhirnya kedua pemain terlibat perkelahian. Smart terlihat membanting Young, dan keributan terjadi, sehingga memicu reaksi pemain di bangku cadangan kedua tim. Young dan Smart, sama-sama diberikan technical-foul, tapi pemain Celtics yang dikeluarkan dari permainan. 

Pada hari Sabtu (11/3) waktu Indonesia, pemain Denver Nuggets Michael Porter Jr. merayakan dunk-nya tepat di hadapan pemain San Antonio Spurs Zach Collins. Reaksi Collins yang emosional memicu perkelahian. Porter akhirnya mencekik leher Collins, sebelum rekan satu timnya turun tangan untuk membubarkan perkelahian.

Insiden lain terjadi pada hari Jumat (10/3) waktu Indonesia,  ketika veteran Golden State Warriors Draymond Green dan garda Memphis Grizzlies Dillon Brooks terlibat pertengkaran di media sosial. Pertengkaran mereka berlanjut di media sosial. Kemudian di hari Senin (6/3), terjadi ketegangan antara Devin Booker dan Luka Doncic. Ketegangan ini dipicu perselisihan kedua pemain sejak tahun lalu, ketika Dallas Mavericks menyingkirkan Phoenix Suns.

Ternyata perkelahian seperti ini di NBA menjadi lebih sering terjadi. Komisioner NBA Adam Silver sudah pernah diperingatkan akan hal tersebut. Indikasinya pemain NBA sekarang tidak takut berkelahi, karena dendanya terlalu ringan. Gaji pemain NBA sekarang sangat besar, dan denda itu tidak mengurangi gaji mereka sedikit pun. Maka dari itu, dalam pembasan CBA (Collective Bargaining Agreement) antara liga dan Asosiasi Pemain NBA (NBPA), salah satu masalah yang dibahas adalah besaran denda untuk pemain. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar