IBL

Bali United Basketball Club menang 76-66 atas Tangerang Hawks Basketball Club. Ini menjadi laga pembuka IBL 2023, Seri 5 Semarang, di Knight Stadium, Sabtu (11/3) siang. Kolektif dan efektif adalah dua hal utama yang membawa Bali United memenangkan laga ini. Mereka tetap tenang meski Hawks menempel ketat di sepanjang pertandingan. 

Bali United awalnya unggul 18-13. Tetapi di menit-menit akhir kuarter kedua, konsentrasi mereka buyar. Hawks mencuri tujuh poin beruntun untuk membalikkan keadaan menjadi 32-31 saat turun minum. Tidak hanya itu, Hawks tetap membuntuti Bali United hingga kuarter ketiga ditutup. Tripoin Keefe Fitrano Yoshe membuat Hawks hanya terpaut tiga poin (49-52) dari Bali United.

Strategi memasang Julius Bowie sebagai pemain asing untuk mengawali kuarter keempat terbukti sukses. Karena dia mampu menjaga keunggulan Bali United, 65-61, di lima menit pertama. Kemudian masuknya Dior Lowhorn membuat Bali United semakin tidak terbendung. Lowhorn memasukkan enam poin di kuarter keempat dari total 18 poin di laga ini.

Bali United memasukkan 37 persen tripoin (7/19) dan 51 persen tembakan keseluruhan (30/59). Dari 30 tembakan masuk tersebut, 17 di antaranya datang dari umpan rekan satu tim (asis). Julius Bowie menyusul Lowhorn dengan catatan 16 poin. Lalu Abraham Wenas juga agresif melalui 11 poin plus 4 asis hasil dari 4/5 tembakan. Sandy Febiansyakh tak menyentuh dua digit angka tapi memberikan performa solid dengan 6 poin, 6 rebound, dan 4 asis. 

Sebaliknya dari tim Hawks, Tyron Crisswell mengemas 14 poin dari bench. Kemudian ada tiga pemain dengan kontribusi masing-masing 11 poin. Mereka adalah Danny Ray, Rizky Effendy, dan Keefe Fitrano Yoshe. Terakhir ada Anthony Allen Jr. yang membukukan 10 poin. Ini adalah kemenangan ketujuh Bali United dari 17 gim. Untuk Hawks, ini jadi kekalahan ketujuh beruntun mereka. Hawks semakin jauh dari zona playoff dengan rekor (4-11). (*)

Foto: Hariyanto

Komentar