IBL

Dewa United Banten terlihat bermain dengan nyaman saat mengumpulkan kemenangan keenamnya di musim ini. Menghadapi Bumi Borneo Basketball Pontianak di lanjutan Seri 2 IBL 2023 di GOR Bimasakti Malang, Rabu (1/2), Dewa United menang 81-60.

“Kami bisa kontrol permainan. Defense juga sangat baik dan hanya memberikan lawan 60 angka,” kata Kepala Pelatih Dewa United Maximiliano Seigorman saat jumpa pers seusai pertandingan.

Kenyamanan Dewa United tampak dari posisi yang sudah tak lagi terkejar sejak kuarter pertama. Pada akhir kuarter kedua, Dewa United juga berlari mengumpulkan angka 14-0.

"Kami memang sedang mencoba mematangkan pola pertahanan zone kami," kata Rimbun Sidahuruk, Asisten Pelatih Bumi Borneo selepas pertandingan. "Kami mencoba mencari tahu bagian mana yang bisa bekerja dengan baik dan mana yang harus terus kami perbagus."

Pertahanan Bumi Borneo yang sejauh ini cukup solid akhirnya memang bisa dipatahkan oleh tembakan-tembakan jarak jauh Xaverius Prawiro dan performa bagus dari dua pemain asingnya Ramon Galloway dan Anthony Johnson. Tiga pemain tersebut ditambah Ferdian Purwoko mengumpulkan angka terbanyak bagi Dewa United. Xaverius mencetak 16 poin, sebanyak 4 dari 6 tembakan tripoin dan 2 dari 3 tembakan dua angkanya menembus sasaran. Anthony Johnson dobel-dobel 14 poin dan 13 rebound, Ramon Galloway 13 poin, dan Ferdian 11 poin.

"Kami kalah hampir di semua aspek statistik," tambah Raymond Shariputra, garda Bumi Borneo. "Jumlah turnover mereka yang rendah, serta asis yang tinggi Dewa United sangat menunjukkan bahwa pertahanan kami jelek sekali."

Sepanjang gim, Dewa United hanya melakukan 13 kali turnover. Jumlah itupun hanya mampu terkonversi menjadi lima poin saja bagi Bumi Borneo. Selain itu, Dewa United berhasil mengirim 22 asis memanfaatkan kelemahan pertahanan Bumi Borneo.

Bumi Borneo mendapat suntikan poin terbanyak dari pemain asing Cameron Ridley dengan 14 poin. Kemudian Randy Bell dan Calvin Chrissler masing-masing 10 poin. Sejauh ini Bumi Borneo mencatatkan rekor 5 menang dari 7 gim. Ini menjadi kekalahan kedua bagi Bumi Borneo. 

Menjawab pertanyaan tentang performa timnya yang sedikit menurun, Rimbun mengatakan bahwa ia harus mengakui bahwa performa Randy Bell sedang tidak bagus. Sementara randy merupakan salah satu tumpuan untuk mendulang angka. Selain itu, pemain andalan Bumi Borneo Ngurah Wisnu Budhidarma hanya bermain selama 15 menit karena sedang dalam kondisi tidak bugar.(*)

Foto: Hari Purwanto.

 

Komentar