IBL

Steve Kerr memutuskan mengistirahatkan empat pemain intinya saat bertandang ke Cleveland Cavaliers pada Jumat (20/1) lalu. Pada gim itu Golden State Warriors tetap bisa mengunci kemenangan 120-114 di Rocket Mortgage FieldHouse, Cleveland. Usai pertandingan, pelatih berusia 57 tahun itu meminta maaf kepada para penggemar.

“Saya merasa tidak enak kepada mereka yang membeli tiket berharap melihat seseorang bermain tapi mereka tidak melihat orang itu bermain. Ini adalah bagian bisnis yang brutal. Itu sebabnya saya terus menyuarakan 72 gim di musim reguler,” ujar Kerr dilansir melalui CBS Sports.

Dalam gim itu Kerr tidak memainkan Stephen Curry, Klay Thompson, Draymond Green, dan Andrew Wiggins. Ia memasang Jordan Poole, Donte DiVincenzo, Jonathan Kuminga, Kevin Loney, dan Ty Jerome sebagai starter. Poole memimpin Warriors dengan 32 poin selama 41 menit bermain.

“Saya tahu ini berarti pendapatan akan lebih sedikit. Tetapi pada titik tertentu, saya pikir perlu ada kesadaran dari semua yang terlibat (liga, pemain, pelatih, staf). Mari bertindak cerdas. Mari menjaga orang-orang ini dengan bermain lebih sedikit gim dan kualitas gim akan menjadi lebih baik. Dengan demikian pendapatan akan tetap naik,” lanjut Kerr.

Kerr memiliki alasan dengan musim yang lebih pendek akan melindungi pemain, menyeimbangkan jadwal, dan meningkatkan kualitas pertandingan. Serta yang paling penting membuat mereka lebih bugar saat masuk babak playoff.

Kerr menambahkan keputusan mengistirahatkan empat pemain inti tidak ada hubungannya dengan kekalahan dari Boston Celtics di gim sebelumnya. “Saya tahu ini adalah topik besar di liga. Kami punya lebih banyak data. Lebih banyak kesadaran tentang kerentanan pemain,” imbuh Kerr.

Saat ini musim reguler NBA berjumlah 82 gim per tim. Pada musim 2020-2021 lalu, setelah masa pandemi Covid-19, musim reguler sempat kembali menjadi 72 gim per tim. Baru-baru ini NBA mengubah jadwal dengan mengurangi back to back dan total perjalanan.

Setelah mengistirahatkan empat pemain intinya, Warriors menjamu Brooklyn Nets di Chase Center. Mereka tampil dengan skuad inti. Tetapi Warriors harus mengakui keunggulan Nets 116-120 pada Minggu (22/1) waktu setempat. (rag)

Foto: NBA

Komentar