IBL

Masih hangat untuk diberitakan ketika Heat menang 112-111 atas Oklahoma City Thunder, di Miami, Rabu, 11 Januari 2023, waktu Indonesia. Mereka mencetak rekor tembakan gratis seratus persen (40 dari 40 percobaan). Tapi di pertandingan ini terjadi insiden pelemparan "massage gun" ke tengah lapangan oleh Dewayne Dedmon. Akibatnya, pemain tersebut diskors oleh NBA. 

Pertandingan melawan Thunder, sempat terjadi skor sama kuat, 111-111, dengan hanya 12 detik tersisa. Kemudian Jimmy Butler mendapatkan satu tembakan gratis. Butler melakukan tembakan, memberi Heat keunggulan satu poin yang mereka butuhkan untuk memenangkan pertandingan.

Dan bukan itu saja, poin terakhirnya juga berarti Heat memecahkan rekor NBA, untuk tembakan gratis terbanyak dengan akurasi seratus persen dalam satu pertandingan lemparan bebas tersukses berturut-turut dalam satu. Mereka memasukkan 40 dari 40 percobaan tembakan gratis. Heat memecahkan rekor 39 tembakan gratis yang dibuat oleh Utah Jazz pada tahun 1982. 

"Saya tidak tahu," kata Butler tentang rekor setelah pertandingan, kepada Yahoo!Sports. "Saya lebih senang bahwa kami memenangkan pertandingan ini dengan satu poin."

Namun sehari setelah mencetak rekor tersebut, tiba-tiba turun hukuman untuk salah satu pemain Heat bernama Dewayne Dedmon. Dia diskors satu pertandingan tanpa bayaran atas tindakan yang merugikan tim, di tengah pertandingan melawan Thunder. Jadi Dedmon tidak bisa masuk roster pada pertandingan melawan Milwaukee Bucks. 

Insiden ini terjadi di kuarter kedua. Dedmon terlibat diskusi panas dengan Erik Spoelstra, dan saat dia berjalan menjauh dari pelatih, dia melihat massage gun dan memukulnya. Ternyata alat tersebut terlempar ke udara dan jatuh di tengah lapangan. Saat itu juga, Dedmon dikeluarkan dari permainan karena perilaku tidak sportif (unsportsmanlike foul)

"Kita semua adalah sekelompok orang yang berkepribadian," kata Spoelstra setelah pertandingan. "Perilaku seperti ini sangat disayangkan. Tidak bisa diterima."

Ada indikasi bahwa Dedmon marah, karena dia digantikan pemain lain. Dia dikeluarkan dari permainan dengan waktu tersisa 9:25 di babak pertama, yang memicu pertengkaran. Karena dia merasa belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya. 

Sebenarnya masalah skorsing Dedmon ini tidak menjadi masalah kalau Heat punya stok pemain. Tapi kenyataannya, ini bakal menyulitkan Heat. Karena mereka hanya punya delapan pemain yang bisa dimainkan sekarang. Sebagian pemain masuk daftar cedera. (*)

Foto: All You Can Heat

Komentar