IBL

Kepala pelatih Denver Nuggets menggambarkan bahwa Nikola Jokic merupakan pribadi yang unik. Terutama dari sisi mental bermain. Ini setelah dia mencetak tripel-dobel pada saat Nuggets menang 122-109 atas Los Angeles Lakers, Selasa, 10 Januari 2023, waktu Indonesia. Pelatih Malone menyebut penampilan Jokic tanpa pamrih. 

Pemain berusia 27 tahun tersebut memberikan 16 asis sepanjang pertandingan. Sementara dia hanya mencetak 14 poin dan 11 rebound. Tetapi tripel-dobel dengan 100 persen field goals ini menyamai pencapaian Draymond Green di musim 2015-2016. Tapi bukan poin yang disoroti oleh pelatih Malone, justru dia melihat sebuah pertunjukan dan pembelajaran tentang mental bermain. 

Berbicara kepada wartawan setelah kemenangan tersebut, Malone mengatakan bahwa dirinya jarang menemukan pemain bintang yang tidak terpengaruh dengan akurasi tembakan mereka. "Saya telah berada di liga ini cukup lama. Saya tahu banyak pemain yang dalam satu pertandingan hanya melakukan lima tembakan saja, atau dalam waktu 35 menit tidak mencetak poin dalam jumlah banyak, maka dia akan frustasi. Saya serius," kata Malone, dikutip dari SportsMax

"Nikola tidak perduli. Apakah dia mencetak lima tembakan atau 25 tembakan. Ini soal tripel dobel, di mana seorang pemain bintang bermain tanpa pamrih. Ketika hanya berhasil memasukkan atau mendapat kesempatan lima tembakan, dia tidak mengeluh, tidak terlihat raut cemberut. Mari kita mainkan permainan ini dengan cara yang benar, hanya itu yang dia pedulikan," kata Malone tentang Jokic. 

Kalau melihat catatan statistik Nikola Jokic musim ini, jauh dari apa yang pernah ditorehkan pada musim sebelumnya. Jokic hanya mencetak rata-rata percobaan tembakan 15,2 per pertandingan. Rata-rata ini di bawah catatan terendah dalam karirnya, yang dibuat pada musim 2019-2020. Tetapi efisiensinya tak boleh diremehkan. Karena dia masih bisa mencetak 25,0 poin per pertandingan. Rata-rata terbaik ke-20 di NBA musim 2022-2023. 

Namun yang luar biasa, Jokic membuat rata-rata asis-nya musim ini meningkat jadi 9,7 asis per pertandingan. Rata-rata asis tertinggi sepanjang karirnya di NBA. Doncic berada di tempat ketiga sebagai penyumbang asis terbanyak musim ini di bawah garda utama Indiana Pacers, Tyrese Haliburton (10,3 apg), dan bintang Atlanta Hawks, Trae Young (9,8 apg). 

"Dia akan menembak, jika memang perlu melakukan tembakan. Dia juga bisa memberi umpan, kalau rekannya dalam posisi yang bagus. Apa yang dia lakukan di lapangan sangat cerdas. Itulah yang saya sebut sebagai permainan indah. Dia bisa membaca situasi, melakukan umpan pada waktu yang tepat," imbuh Malone. 

Pujian untuk penampilan Nikola Jokic juga dilontarkan oleh kepala pelatih Lakers, Darvin Ham. Dia mengatakan kalau Jokic bisa saja membuat poin yang banyak. Tetapi dia tidak semata-mata memikirkan poin. "Dia salah satu tipe pemain besar yang bisa melakukan semuanya. Dia bermain bukan semata-mata untuk skor. Dia (Nikola Jokic), berusaha untuk menempatkan dan melibatkan dirinya ke dalam seluruh permainan," kata pelatih Ham. 

Dalam 12 pertandingan terakhir, Denver Nuggets sudah mengalahkan Lakers, LA Clippers, Cleveland Cavaliers, Boston Celtics, Miami Heat, Sacramento Kings, Phoenix Suns, Portland Trail Blazers, Memphis Grizzlies, dan Charlotte Hornets. Nuggets berdiri di puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 27-13. (*) 

Foto: CBS News

Komentar