IBL

Jamarr Johnson resmi bergabung dengan Louvre Indonesia. Kabar tersebut dirilis oleh akun media sosial resmi Louvre Indonesia pada Sabtu (31/12). Jamarr masuk dalam susukan pemain Louvre yang akan bermain di ABL Invitational 2023.

Setelah jeda selama tiga tahun, ABL kembali menggulirkan seri ke-11 melalui Invitational Tournament Series. Event itu menampilkan pertandingan yang dimainkan di empat negara. Saat ini ABL sudah mengumumkan dua seri. Pertama di Singapura pada 2-8 Januari 2028. Kemudian di Batam pada 12-18 Januari.

Kompetisi mengambil jeda pertengahan Februari untuk jendela keenam FIBA World Cup Asian Qualifiers. Kompetisi kembali bergulir pada babak playoff sampai final yang berlangsung pada Maret mendatang.

ABL Invitational 2023 diikuti delapan klub peserta. Selain Louvre, peserta yang lain adalah alientes Zamboanga Filipina, Singapore Slingers, Saigon Heat, Black Bears Macau, Hong Kong Eastern, NS Matrix Malaysia, dan Cooly Bangkok Tigers.

Dalam keterangan resminya, Jamarr mengaku antusias mengikuti ABL Invitational 2023 ini.  Berdasarkan jadwal, Louvre akan melawan Zamboanga pada lusa. “Saya lebih suka menyesali risiko tidak berhasil daripada peluang yang tidak saya ambil sama sekali,” kata pemain berusia 34 tahun itu.

Jamarr sendiri memang sudah berpisah dengan Dewa United Banten. Statusnya sebagai pemain naturalisasi memang menyulitkannya berlaga di Indonesian Basketball League (IBL). Sebab, IBL memiliki aturan tentang status pemain lokal naturalisasi.

Secara administrasi Jamarr adalah WNI. Tetapi ia juga mendapat aturan terkait batasan jumlah pemain asing di dalam lapangan. Setiap klub memiliki dua pemain asing dan hanya satu yang boleh berlaga.

Nah, Jamarr ini meski sudah menjadi WNI, ia harus “bergantian” dengan dua pemain asing di lapangan. Membuatnya tidak leluasa karena minimnya menit bermain. Tetapi pada Indonesia Cup 2022 lalu dimana kompetisi tanpa pemain asing, Jamarr tercatat sebagai pemain lokal.

Saat membela Dewa United pada IBL 2022 lalu, Jamarr memiliki rata-rata 13,23 menit per gim dengan 6,05 poin, 4,24 rebound, dan 1,05 asis per gim. (rag)

Foto: IBL

Komentar