IBL

Bintang WNBA Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia. Berita ini langsung disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dalam akun Twitter-nya pada 8 Desember 2022, waktu setempat. Pemerintah Amerika Serikat rela menukar narapidana (napi) pedagang senjata asal Rusia bernama Viktor Bout untuk membebaskan Griner. Pertukaran tersebut terjadi di bandara Abu Dhabi. 

Griner dalam perjalanan pulang ke Amerika Serikat sebagai bagian dari pertukaran tahanan yang akan membebaskannya dari kamp hukuman Rusia. Kebebasan Griner dipastikan dengan imbalan seorang tahanan Rusia bernama Viktor Bout, yang dikenal sebagai "Pedagang Maut". Pemain Phoenix Mercury tersebut ditangkap karena membawa selongsong vape yang mengandung minyak ganja di bandara Moskow dan menghabiskan 294 hari dalam tahanan Rusia. 

Penahanan Griner dianggap berlebihan, terutama setelah dia dijatuhi hukuman sembilan tahun pada bulan Agustus 2022. Pemain WNBA dan tokoh bola basket meminta pembebasan Griner. Presiden Joe Biden mengkonfirmasi pembebasan Griner dalam konferensi pers di Washington DC. 

Cherelle Griner, istri Brittney Griner saat konferensi pers bersama Presiden Joe Biden. (Foto: abcnews)

Joe Biden berbicara dengan Griner melalui sambungan telepon. Namun di Gedung Putih, Presiden Biden didampingi oleh istri Griner, Cherelle Griner. "Dia aman. Dia di pesawat. Dia sedang dalam perjalanan pulang setelah berbulan-bulan ditahan secara tidak adil di Rusia. Ditahan dalam kondisi yang tidak dapat ditolerir," kata Biden, dikutip dari npr.org

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengkonfirmasi Kamis, 8 Desember 2022, dalam siaran pers bahwa Griner ditukar di bandara Abu Dhabi dengan terpidana pedagang senjata Rusia Viktor Bout. "Sebagai hasil dari upaya intens, kami berhasil mencapai kesepakatan dengan pihak Amerika tentang pengaturan pertukaran Bout for Griner," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan. "Warga Rusia telah dikembalikan ke tanah airnya."

Brittney Griner, yang bermain untuk Phoenix Mercury, adalah WNBA All-Star tujuh kali, peraih medali emas Olimpiade dua kali, dan atlet LGBT pertama yang menandatangani kontrak dengan Nike. Dia juga bermain untuk tim bola basket UMMC Ekaterinburg Rusia selama offseason WNBA. Dia dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara oleh pengadilan Rusia Agustus lalu karena membawa kurang dari satu gram minyak hash ke Rusia ketika dia tiba pada Februari tahun ini untuk bermain di liga bola basket profesional wanita Rusia. Bulan lalu, dia dipindahkan ke koloni penjara di Mordovia, Moskow, untuk mulai menjalani hukumannya.

Di pengadilan, Griner mengaku keliru mengemas dua kartrid vape karena terburu-buru mengemas barang bawaannya - tetapi memberikan dokumen yang menunjukkan bahwa minyak hash diresepkan secara legal oleh dokter AS untuk manajemen rasa sakit. Griner meninggalkan ruang sidang setelah putusan pengadilan di Khimki di luar Moskow, pada 4 Agustus 2022. Penangkapannya pada bulan Februari 2022 hanya beberapa hari sebelum Rusia menginvasi Ukraina ketika ketegangan antara Amerika Serikat dan Moskow meningkat. 

Pemerintah Amerika Serikat menganggap Griner adalah korban "salah tangkap" dan mencari cara untuk membebaskannya. Akhirnya sekarang Griner dibebaskan dengan skenario pertukaran tahanan. (*)

Foto: local10.com

Komentar