IBL

Floyd Mayweather Jr. memiliki julukan “Money” dan berniat untuk membelanjakan kekayaannya itu untuk memiliki sebuah tim NBA. Mantan petinju dengan catatan 15 gelar juara di lima kelas itu menawarkan AS$2 miliar atau setara dengan Rp30 triliun untuk mewujudkan impiannya.

Dikutip dari laman Bleacher Reports, Mayweather mengatakan ia dengan mitra bisnisnya, Brent Johnson, sedang bekerja untuk membeli tim NBA secara langsung. Mayweather ingin membeli tim di Las Vegas atau Seattle. Meski begitu ia juga melihat peluang tim lain yang mungkin akan dijual.

Las Vegas dan Seattle memang sering disebut menjadi kandidat untuk ekspansi tim NBA. Tetapi hal itu mungkin baru bisa terjadi dalam waktu cukup lama. Sebab, NBA ingin menegosiasikan kesepakatan terkait hak penyiaran baru sebelum menambah tim baru.

Saat ini satu-satunya tim yang sedang dijual adalah Phoenix Suns. Hal ini terjadi setelah pemilik mayoritas Roberts Sarver terlibat dalam kasus rasisme dan pelanggaran etika kerja. Ia diskors selama setahun oleh liga. Pada September lalu Sarver mengumumkan bahwa ia menjual Suns dan Mercury (WNBA).

Laporan dari ESPN mengatakan Suns kemungkinan akan dijual dengan harga tertinggi untuk franchise NBA. Saat ini rekor pembelian paling tinggi dibayar oleh Joe Tsai untuk membeli Brooklyn Nets. Ia membayar sebesar AS$2,35 miliar.

Jumlah yang “hanya” terpaut AS$350 juta dari harga yang ditawarkan Mayweather. Saat ini Mayweather merupakan pemilik dari The Money Team Racing yang mengikuti NASCAR Cup Series.

Tetapi Mayweather bisa menemui kendala untuk membeli tim NBA. Sebagai salah satu atlet terkaya di dunia, uang memang bukan masalah baginya. Tetapi pria berusia 45 tahun itu tercatat memiliki masalah hukum. Berkaca dari kasus Sarver, kemungkinan hal ini yang membuat Mayweather bukan kandidat tepat untuk pemilik baru Suns.

Mayweather memiliki sejarah dengan tuduhan kekerasan rumah tangga. Pada 2002 lalu ia mengaku bersalah atas pemukulan terhadap istrinya saat itu, Melissa Brim. Lalu pada Desember 2011 Mayweather juga melakukan hal serupa kepada mantan pacarnya, Josie Harris. Atas kejadian itu Mayweather dijatuhi hukuman 90 hari penjara tapi dibebaskan setelah dua bulan.

Selain itu ada kandidat lain yang menjadi pesaing Mayweather jika ia ingin membeli Suns. Seperti Jeff Bezos, Elon Musk, Shaquille O'Neal, hingga LeBron James. (rag)

Foto: Sports Brief

Komentar