IBL

Komisaris NBA Adam Silver bertemu dengan pemilik 30 klub kontestan liga, pada 2 Desember 2022, waktu Indonesia. Tujuan utamanya, Silver ingin memberi pengumuman tentang tanggal pelaksanaan musim 2023-2024, serta inovasi baru yang akan dijalankan oleh NBA. Kabarnya musim depan bakal lebih melelahkan lagi, baik secara fisik dan mental.

NBA telah memainkan musim dengan 82 pertandingan sejak 1967-1968. Pertandingan melelahkan tersebut harus dilalui para pemain sepanjang tahun, dan ini tidak mudah. Selain pemain, pelatih, staf tim juga harus mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaga mereka terus menerus sepanjang tahun. Namun untungnya, NBA sebagai liga selalu memberikan jadwal jauh-jauh hari. Sehingga mereka bisa mempersiapkan diri. Untuk musim 2023-2024, NBA akan memulainya pada tanggal 24 Oktober 2023 dan berakhir pada 14 April 2024. 

Empat dari lima musim terakhir di NBA dimulai pada minggu ketiga bulan Oktober. Jadi musim depan akan mengalami sedikit perubahan, karena ada di minggu keempat bulan Oktober. Sementara itu kabar tentang adanya inovasi baru di liga, kini bukan hanya sekadar rumor. Silver mengatakan bahwa NBA sudah membahasnya, dan bakal diterapkan untuk musim depan. 

Inovasi tersebut bernama turnamen tengah musim. Silver sangat antusias dengan program tersebut, dan berharap bisa mematahkan kebosanan yang terjadi di kompetisi NBA. Menurut penjelasan Shams Charania dari The Athletic, adanya turnamen tengah musim ini memangkas jumlah pertandingan NBA yang tadinya 82 menjadi 80 pertandingan dalam satu musim. Namun akan ada tambahan pertandingan bagi tim yang lolos ke sistem gugur. 

"Saya menyadari bahwa penggemar berharap ada inovasi baru dari liga, serta membuat persaingan lebih seru. Saya mengerti, sehingga kami bekerja keras agar ada tradisi baru di liga. Itu yang menjadi fokus kami," kata Silver, dikutip dari ESPN. 

Meski NBA sudah mengumumkan tanggal pelaksanaan musim baru, namun belum ada mekanisme dan sistem yang jelas tentang liga musim depan. Ketentuan tentang turnamen tengah musim akan dilakukan sebelum bulan Agustus 2023. Saat itu biasanya liga merilis jadwal musim baru. (*)

Foto: InsurgentePress

Komentar