IBL

Berada di grup B menjadi keuntungan tersendiri bagi Satria Muda Pertamina Jakarta. Grup tersebut hanya berisi tiga tim. Satria Muda keluar sebagai juara. Mereka meraih kemenangan kedua dengan mengalahkan Evos Thunder Bogor 64-44 pada Rabu (9/11) di Sritex Arena, Solo.

Posisi runner up ditempati oleh Amartha Hangtuah Jakarta. Pada perempat final besok mereka akan melawan Dewa United Surabaya. Sedangkan Satria Muda akan berhadapan dengan Satya Wacana Salatiga.

“Kalau dibilang grup ini mudah tidak juga. Sebetulnya kami justru menginginkan lebih banyak gim untuk menyatukan tim ini. Tetapi ya ini hasil yang kami dapatkan jadi ya fokus ke babak berikutnya,” ungkap Juan Laurent Kokodiputra.

Dalam gim melawan Evos tersebut, Satria Muda baru bisa mengamankan posisi selepas 13 menit pertama. Setelah itu mereka terus melaju meninggalkan Evos hingga mencapai keunggulan tertinggi 22 poin pada paruh kedua.

“Cukup puas melihat defense dan agresifnya. Kami bisa hentikan mereka dan terlihat dari 27 turnover dari lawan. Tetapi dari segi offense masih banyak yang harus kami perbaiki terutama di kuarter pertama dan keempat,” ungkap pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

Avan Seputra menjadi top skor gim dengan 14 poin. Selama 24 menit ia mencetak 4/7 tripoin. Widyanta Putra teja semakin menyatu dengan tim barunya. Widi menyumbang 13 poin dan empat rebound. Disusul Hardianus 10 poin.

Sementara itu Tri Hartanto memimpin Evos dengan 13 poin dan empat rebound. M. Yassiers Rahmat dengan delapan poin dan lima rebound. Sebanyak 27 turnover Evos dimanfaatkan menjadi 25 poin oleh Satria Muda. Evos mengakhiri Indonesia Cup 2022 di dasar klasemen grup B.

“Tekanan yang diberikan terlalu tinggi jadi pemain banyak melakukan turnover. Itu datang dari keputusan yang salah. Harusnya bisa lebih baik baik dari itu. Jadi pembelajaran bagaimana bisa mengambil keputusan yang tepat saat di bawah tekanan,” kata asisten pelatih Ricky Dwi Tauri. (rag)

 

Daftar Tim yang Lolos Perempat Final Indonesia Cup 2022:

 

Grup A

Dewa United

Satya Wacana

 

Grup B

Satria Muda

Hangtuah

 

Grup C

Pelita Jaya

Bima Perkasa

 

Grup D

Prawira

West Bandits

 

Jadwal Perempat Final Indonesia Cup 2022

Kamis (10/11)

Dewa United vs Hangtuah

Satya Wacana vs Satria Muda

Pelita Jaya vs West Bandits

Bima Perkasa vs Prawira Bandung

 

Foto: IBL/Ariya Kurniawan

Komentar