IBL

Satu tiket grup D menjadi milik West Bandits Combiphar Solo. Mereka menjadi pemenang dari laga penentuan melawan Bumi Borneo Basketball Pontianak. Dalam gim yang berlangsung pada Selasa (8/11) itu, West Bandits unggul 70-53.

West Bandits lolos dengan dua kemenangan dan satu kekalahan. Mereka akan menempati posisi runner up grup D jika Prawira Harum Bandung menang dari Tangerang Hawks Basketball hari ini.

“Mungkin ini terlihat sebagai kemenangan yang mudah. Tetapi kami melakukan banyak kesalahan. Kami masih harus melakukan perbaikan terutama dalam serangan dan bertahan,” ungkap pelatih West Bandits Nedas Pacevicius dalam sesi jumpa pers.

Skor ketat masih terjadi hingga awal paruh kedua. West Bandits mulai menemukan momentumnya usai Nickson Damara Gosal melakukan tripoin dan memperlebar skor menjadi 36-40. Setelah itu West Bandits menang dengan lebih nyaman dengan margin 17 poin.

Patrick Nikolas menjadi top skor sekaligus mencetak dobel-dobel 17 poin dan 14 rebound. Rio Disi 16 poin. Nickson Damara Gosal 14 poin, enam rebound, dan enam asis.Disusul M. Rizal Falconi 10 poin, lima rebound, dan tiga blok.

Jika finis sebagai runner up, kemungkinan West Bandits akan bertemu dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam perempat final lusa. Saat ini Pelita Jaya masih memimpin klasemen grup C dan akan menjalani laga penentu juara grup dengan Bima Perkasa Jogja.

Sementara itu akurasi Bumi Borneo masih buruk. Dalam gim ini mereka hanya memasukkan 12/49 tembakan dan hanya dua dari 14 tripoin yang berhasil dieksekusi. Hampir semua pemain Bumi Borneo mencetak poin dan mereka mengumpulkan 36 poin dari bangku cadangan. M. Rizky Ari Daffa menjadi yang terbanyak dengan 10 poin, empat rebound, dan tiga steal.

Bumi Borneo menyelesaikan penyisihan grup dengan satu kemenangan dan dua kekalahan. Hasil itu membuat mereka saat ini berada di posisi ketiga klasemen grup D di bawah Prawira dan West Bandits. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar