IBL

Berstatus sebagai juara bertahan, tak membuat Pacific Caesar Surabaya bisa dengan mudah mempertahankan gelar di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017. Justru mereka harus gugur di babak penyisihan setelah kalah dua kali berturut-turut dari Stapac Jakarta (60-74) dan Flying Wheel Makassar (68-93). Meski menang di tiga laga tersisa, tak membuat Pacific bisa lolos ke babak berikutnya. Di laga terakhirnya, Pacific menang 74-58 atas Go Skate Vin's Surabaya (23/11/2017).

Sepanjang pertandingan, kepala pelatih Pacific, Kencana Wukir, tak memainkan dua legiun asingnya, Dominique Victor Jones dan Vernon Athelston Goodridge. Seperti yang dikatakan Coach Kiki, saat kesempatan lolos semifinal sudah tertutup, maka ia akan memainkan pemain lokal sebagai bentuk persiapan menuju musim reguler IBL 2017-2018.

Pacific memainkan Aga Siedharta Wismaya, M. Nur Aziz Wardana, Okky Arista, M. Hardian Wicaksono dan Indra Muhammad. Mereka berlima cukup efektif dengan mencetak keunggulan 20-11 atas Go Skate. Di kuarter kedua, Indra dan Hardian menjadi motor serangan Pacific. Mereka berdua menyumbangkan 12 poin dari total 20 poin Pacific di kuarter kedua. Pacific unggul 40-27 di akhir kuarter ketiga.

Penampilan Pacific menurun di kuarter ketiga. Mereka hanya menambahkan 10 poin. Di sini Go Skate mengambil kesempatan untuk bangkit. Mereka bisa menghasilkan 24 poin di sepanjang kuarter ketiga. Aldi Sutrisno Djaswadi mengumpulkan tujuh poin di kuarter ketiga. Bangkitnya Go Skate membuat mereka berbalik unggul 51-50 di akhir kuarter ketiga.

Pacific menunjukkan kelasnya di kuarter terakhir. Lagi-lagi Indra dan Hardian yang jadi pengumpul poin terbanyak. Indra menghasilkan 11 dari total 23 poin di kuarter ini. Sedangkan Hardian melengkapi catatan menjadi 19 poin lewat tambahan enam poin di kuarter keempat. Pacific yang perkasa dengan 24-7 berhasil mengakhiri laga terakhir dengan kemenangan.

Pacific masih menyisakan satu laga lagi di grup A. Mereka akan menghadapi sesama tim Surabaya, Nusanet Mahameru. Kedua tim sama-sama mengoleksi dua kemenangan dari empat laga. Jadi pertandingan besok (24/11/2017) malam, akan menjadi pertarungan untuk memperebutkan tempat ketiga di klasemen grup A. (*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar