IBL

Kabar dari dunia sneaker kali ini menarik. Asics yang dikenal sebagai produsen perlengkapan olahraga, terutama sneaker, membuat sepatu bot. Ternyata sepatu yang dibuat ini adalah replika dari sepatu bot The Beatles. Perancangnya adalah Takahiro Miyashita, desainer ternama asal Jepang, yang sekaligus pemilik perusahaan Soloist Co., Ltd., yang menaungi mereka "TAKAHIROMIYASHITA The SoloIst". 

 Miyashita yang lahir di Tokyo, pada tahun 1973, telah bekerja di beberapa merek ternama. Namanya melambung ketika membuat merek NUMBER(N)INE di tahun 1996, namun bubar di tahun 2009. Dia kemudian bergabung dengan desainer Kuzaki Kuraishi untuk membuat karya di bawah naungan Levi's sejak tahun 2009. Miyashita lalu mendirikan Soloist Co., Ltd. pada tahun 2010, dan bertahan hingga sekarang. 

Selain desainer, Takahiro Miyashita juga dikenal sebagai vokalis band rock Jepang "The High Streets". Inilah alasan kenapa desain-desain Miyashita sangat cocok dipakai untuk musisi. Dia sendiri mengaku menjadikan Nirvana, Guns N' Roses, dan The Beatles sebagai panutan. Nah, untuk menghormati band asal Inggris tersebut, Takahiro Miyashita berhasil menggandeng Asics. 

Foto: AFP

Band yang digawangi oleh Paul McCartney, John Lennon, George Harrison, dan Ringo Star tersebut sering muncul dengan pakaian formal. Kemudian untuk alas kaki, mereka memilih sepatu bot Chelsea, yang punya sol kayu. Tentunya tidak nyaman untuk dipakai. Namun memang tren di masa itu. 

Ide Takahiro Miyashita untuk membuat ulang sepatu bot Chelsea milik The Beatles disambut oleh Asics. Setelah melalui proses yang panjang akhirnya lahirlah Takahiro Miyashita x Asics GEL-Quantum 360 V11. Miyashita berhasil menggabungkan bahan kulit khas bot Chelsea milik The Beatles dengan sol Asics Gel Quantum 360 V11. Ini merupakan sol inovasi terbaru yang dikembangkan Asics dalam beberapa tahun belakangan. Sol tersebut memberikan bantalan ekstra dan fleksibilas yang lebih baik. Sementara di bagian atas, gaya klasik The Beatles tetap dipertahankan. 

Nama resmi sepatu ini adalah Asics GEL-Quantum 360 THE CHELSEA. Dijual mulai 14 Oktober 2022 di Jepang dengan harga 36.300 yen atau setara dengan 3,8 juta rupiah. Pihak Asics sebagai produsen berencana menjual sepatu ini di Eropa. Sehingga diperkirakan harganya bakal lebih tinggi. (*)

Foto: Instagram Takahiro Miyashita

Komentar