IBL

Sneaker khas terbaru LeBron James dari Nike akan dirilis ke pasaran secara resmi pada 29 September 2020. Sebelum dirilis resmi, LeBron sudah beberapa kali memakai sneaker ini, termasuk di Drew League dan latihan. Nike LeBron 20 merupakan model low-top pertama kali dari lini sneaker milik pemain berjuluk "King James" tersebut. Model ini juga disebut-sebut paling ringan dari semua sneaker LeBron. 

Foto: Nicekicks.com

Dalam rilisnya, Nike memaparkan beberapa spesifikasi tentang LeBron 20. Orang yang bertanggung jawab atas pembuatan Nike LeBron 20 adalah Jason Petrie. Dia adalah Senior Footwear Designer Nike untuk Men's Basketball, dan desainer utama lini sepatu LeBron James selama lebih dari satu dekade. Jason Petrie, yang telah bekerja di lini LeBron sejak Nike LeBron 7, mencatat bahwa desain sepatu ini tidak hanya menjadi tonggak sejarah bagi "The King", tetapi juga fondasi bagi generasi bintang bola basket berikutnya.

"Kami melihat Nike LeBron 20 sebagai kesempatan untuk merayakan 20 tahun tahun karirnya di NBA. Tapi ada satu fokus yang harus jadi penekanan, yaitu di bagian lidah sepatu ditulis 'Designed and Engineered to the Exact Specifications of the Next Generation'. Maka kami membuat produk ini berdasarkan pada kalimat tersebut," ungkap Petrie, dikutip dari Nike.com.

"Kami memikirkan pemain seperti putra LeBron, Bronny dan Bryce. Kami ingin masuk ke kepala mereka. Mencoba memahami dan belajar tentang apa yang dicari para pemain muda. Setelah itu, kami menuangkannya pada desain sepatu ini. Tentunya dengan mengedepankan formula terbaik yang pernah dibuat oleh LeBron James. 

Selain potongannya yang rendah, Nike LeBron 20 memiliki fitur serat karbon di bagian tengah kaki. Di bagian depan terdapat unit Air Zoom Turbo, serta unit Zoom Air yang lebih tebal di bagian tumit sekitar 13 milimeter. Desain Nike LeBron 20 juga mencakup pagar pembatas lateral yang dibungkus sintetis, pola outsole multi-arah, dan kembalinya teknologi Nike Sphere untuk lapisan kerah. 

Nike Sphere adalah teknologi yang dipakai oleh LeBron pada sepatu khas pertamanya. Bahkan, midfoot serat karbon yang pernah digunakan pada Nike Zoom LeBron 5, sekarang muncul lagi. Kemudian logo "Dunkman" juga disematkan pada Nike LeBron 20. Logo ini terakhir terlihat di Nike LeBron 16. Jadi bisa disimpulkan bahwa Nike LeBron 20 ini benar-benar menampilkan desain dan inovasi terbaru, dipadukan dengan teknologi yang disukai oleh LeBron James. 

Jalur warna Nike LeBron 20 "Time Machine" dirilis pada 29 September 2022 dengan harga AS$200 di Nike.com. (*)

Foto: Nicekicks.com

Komentar