IBL

NBA dan Asosiasi Pemain NBA (NBPA) sedang membahas untuk menurunkan batas bawah pemain NBA menjadi 18 tahun. Ini membuka kesempatan kepada pemain yang baru lulus sekolah menegah untuk menjadi pemain profesional. Selain itu, NBA juga bakal membuat aturan baru soal cedera, pajak, hingga sopan santun pemain dan penonton.

Menurut laporan Shams Charania dari The Athletic, NBA dan NBPA akan menerapkan aturan tersebut pada tahun 2024. Tetapi mekanismenya akan ditentukan sekarang. Dengan aturan ini, maka musim depan akan lebih banyak lagi pemain muda yang bisa masuk Draft NBA. 

Saat ini, aturan NBA soal batas bawah usia pemain adalah 19 tahun. Aturan tersebut dibuat pada tahun 2005. Dengan aturan ini, maka pemain yang masuk Draft NBA setidaknya bermain di liga kampus selama satu tahun. Tapi dalam pembahasan aturan baru, pemain tidak harus masuk kuliah. Mereka bisa masuk Draft NBA setelah lulus sekolah menengah. Ketok palu aturan ini rencananya pada 15 Desember 2022. 

Shams juga menyampaikan bahwa kedua belah pihak juga membahas soal laporan cedera pemain. Biasanya pemain yang absen dari pertandingan harus menyertakan laporan cedera fisik. Kali ini tidak hanya fisik, mereka bisa absen kalau kesehatan mentalnya terganggu. 

Pembahasan soal pajak juga bakal lebih intens dari tahun lalu. NBA tidak ingin harga yang terlalu tinggi dari pemain, berpengaruh pada keuangan klub. Sampai sekarang sudah banyak klub yang mengeluh pajak mereka terlalu tinggi. Sementara satu tema lagi yang dibahas adalah soal sopan santun. Baik pemain maupun penonton dalam pertandingan harus lebih sopan dan saling menghargai. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar