IBL

Kamis (23/11/2017) akan terjadi pertarungan sengit memperebutkan puncak klasemen grup A, antara Flying Wheel Makassar melawan Stapac Jakarta. Flying Wheel tinggal menyisakan satu laga saja. Terakhir mereka mendapatkan kemenangan keempat dari Go Skate Vin's Surabaya dengan skor 89-65, Rabu (22/11/2017). Kemenangan ini menjadikan Flying Wheel satu-satunya tim yang sudah menyelesaikan empat pertandingan tanpa kekalahan. Sedangkan rekor tiga kemenangan diperoleh Stapac. Ini artinya kedua tim akan menjalani laga penentuan.

Flying Wheel sedikit bermasalah di kuarter pertama. Absennya 'Batam' Poedjakesuma menghambat komunikasi antara pemain lokal dan asing di tim ini. Go Skate Vin's memanfaatkan kondisi tersebut untuk merebut kuarter pertama dengan kedudukan 13-9.

Namun, permainan Flying Wheel membaik di kuarter kedua. Duet pemain asing Kevil Loiselle dan Curtis Washington berperan besar atas kebangkitan timnya. Loiselle mencetak 16 poin, sedangkan Washington mencatat sembilan angka. Flying Wheel bisa mencetak 42 poin di kuarter kedua, serta memimpin 51-28 atas Go Skate.

Flying Wheel mampu menjaga konsistensi permainanya di kuarter ketiga. Washington dan Loiselle mempertegas peran sentralnya di tim ini. Keduanya mengantar Flying Wheel merebut kuarter ketiga dengan keunggulan 75-40. Laga di kuarter keempat berlangsung lebih sengit karena Flying Wheel turun dengan pemain lokalnya saja. Kesempatan ini dimanfaatkan Go Skate Vin's untuk memperkecil jarak dengan tim asal Makassar itu. Meski demikian mereka tak mampu membalikkan keadaan. Flying Wheel menutup game ini dengan skor akhir 89-65.

"Pada kuarter pertama kami agak goyah. Mungkin karena pemain lokal masih canggung sehingga hal itu terjadi. Setelah kuarter pertama kepercayaan mulai diri bagus. Defense lebih rapat dan menguasai pertandingan," ucap asisten pelatih Flying Wheel, Yunianda Nugroho Djati.

Kevin Loiselle tampil luar biasa dan berhasil mencatat triple-double dengan 18 poin, sepuluh assist dan sebelas rebounds. Lalu Curtis Washington menambahkan 27 poin dan 21 rebounds.

Double-double juga dicatat pemain Go Skate Vin's M Zulhiyana Akbar dengan 11 poin dan sepuluh rebounds. Sedangkan Firman Wahyudi menjadi pengumpul angka terbanyak dengan 13 poin. (*)

Foto: Dika Kawengian

Komentar