IBL

Laga antara Los Angeles Lakers dan Chicago Bulls di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu 22 November 2017, menyisakan ingatan lain bagi penontonnya. Tak di sangka, undrafted rookie Antonio Blakeney, seorang guard milik Bulls, berhasil mengambil panggung dalam gelaran tersebut.

Dalam pertandingan itu, Blakeney membukukan 15 poin di paruh waktu pertama, termasuk one-handed-dunk di hadapan Julius Randle. Bahkan ia mencetak 13 poin hanya dalam 7 menit di kuarter dua.

Lantas, siapa undrafted rookie satu ini?

Nama lengkapnya Antonio Davon Blakeney. Ia lahir di New York, Amerika Serikat, pada 4 Oktober 1996. Setelah bermain di tingkat kampus bersama Lousiana State University (satu tim dengan Ben Simmons), sayangnya ia tidak langsung mendapat kesempatan ke NBA. Tim-tim NBA dalam bursa pilih 2017 melewatkannya.

Meski tidak terpilih dalam Draft, Blakeney terdaftar di dalam roster Bulls di NBA Summer League tahun ini. Di sana ia cukup menonjolkan diri sehingga direkrut Windy City Bulls, tim afiliasi Chicago Bulls yang berlaga di G-League. Blakeney mendapat two-way-contract yang memungkinkan dirinya bermain bersama Bulls dalam beberapa kesempatan.

Salah satu kesempatan itu datang ketika Bulls melawat ke Staples Center hari ini. Ia bermain cukup gemilang. Dunk satu tangannya di hadapan Randle mendapat sorotan. Bahkan komentator Stacey King sampai mengatakan, “Does anybody know how to post videos to Facebook? (Ada yang tahu bagaimana caranya mengunggah video ke Facebook?)”, karena dunk itu memang cukup bagus.

Tidak sampai di situ. Bukan hanya karena betapa kerasnya ia mengempaskan ring, tetapi selebrasinya setelah itu juga menarik. Ia mendapat pelanggaran (technical foul) lantaran dianggap mengejek Randle di bawah ring.

Maka, dengan perbuatannya, setelah ini ia harus membayar denda $2.000 atau sekitar Rp27 juta. Harga itu boleh jadi lebih tinggi dari gaji pemain asing di Indonesian Basketball League. Padahal Blakeney hanya mendapat gaji $75.000 yang ia pakai juga untuk sehari-hari. Bukan cara yang tepat untuk menghabiskan uang memang, tetapi siapa yang peduli? (*)

Foto: nba.com

Komentar