IBL

Michael Jordan berhasil mengubah budaya sneaker olahraga dengan lini sepatu khas (signature shoes) miliknya. Tapi tidak banyak yang tahu kalau MJ sebenarnya benci warna hitam. Lebih tepatnya, dia tidak menyukai ada warna hitam dalam sepatunya. Tapi kenyataannya, banyak sepatu Air Jordan yang berwarna hitam. Apa alasannya?

Pada waktu pembuatan Air Jordan pertama, MJ sempat mengatakan kalau dia tidak mau sepatu hitam. Akhirnya dibuatlah Air Jordan dengan warna dominan putih dan merah. Warna hitam muncul di bagian logo Nike. Namun tiba-tiba muncul AJ1 berwarna hitam dan merah. Ini mengejutkan bagi orang-orang yang tahu alasannya. 

Setelah bertahun-tahun, akhirnya kisah ini diceritakan oleh Jordan Gentry Humphrey, mantan eksekutif Nike, dalam Complex Sneakers Podcast. Dia menceritakan kalau Air Jordan dibuat dengan warna hitam, bukan pilihan hati MJ. Namun bertujuan untuk mengintimidasi lawan. 

"Dia (Michael Jordan) tidak suka sepatu hitam. Anda mungkin jarang melihatnya pakai sepatu hitam di musim reguler. Tapi setiap kali masuk playoff, MJ memakai sepatu hitam. Ini mentalitas," kata Humphrey. "MJ ingin dengan sepatu hitam, level permainannya meningkat. Sepatu warna hitam memberikan MJ keberanian untuk berada di arena lawan. MJ punya gagasan bahwa sepatu hitam bisa membuatnya lebih garang dari biasanya. Sehingga bisa menakuti lawan." 

Foto: NBA Finals Archive - Tumblr

Dalam psikologi warna, hitam berarti serius dan berani. Warna ini bisa mengintimidasi lawan, namun juga bisa memberi efek negatif. Pada tahun 1998, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frank dan Gilovich membuktikan bahwa tim yang mengenakan seragam berwarna hitam cenderung mendapatkan pelanggaran lebih banyak dari lawan. Seragam berwarna hitam membuat mereka cenderung bermain lebih keras dan agresif. 

Sekarang ada banyak ada banyak versi sneaker Air Jordan dan Player Edition dengan warna hitam. Tapi ada fakta lain yang mengungkapkan bahwa Jordan Brand tidak begitu saja memberikan sneaker wana hitam untuk dutanya. Semua itu harus melalui persetujuan dari Michael Jordan. (*)

Foto: Sports Hub

Komentar