IBL

Penggemar NBA dulu tidak bisa mengintip pemain-pemain hebat berlatih. Biasanya saat jeda kompetisi (offseason), mereka berlatih di tempat yang dirahasiakan. Bedanya kali ini, justru banyak bintang NBA yang latihan di fasilitas olahraga sekolah. Mereka yang berlatih di tempat seperti ini antara lain James Harden, Joel embiid, Dejounte Murray, Zach Lavine, Tyrese Haliburton, hingga Tyler Herro. 

Tren berlatih secara terbuka di fasilitas olahraga sekolah diawali oleh LeBron James dan Russell Westbrook, pada bulan Agustus 2021. Berarti pada saat itu, Brodie baru bergabung dengan Los Angeles Lakers. Alih-alih berlatih di lapangan tertutup, mereka malah memilih fasilitas olahraga milik Yeshiva University of Los Angeles Boys High School atau yang dikenal sebagai YULA. Ternyata ini mereka berdua bukan pemain NBA pertama yang berlatih di tempat tersebut. Sebelumnya sudah ada Devin Booker dan tim pelatihnya, yang menggunakan lapangan tersebut pada tahun 2019. 

Tahun ini, James Harden dan Joel Embiid tampaknya memilih tempat latihan yang sama yaitu Shalhevet, sekolah Ortodoks di Los Angeles. Usut punya usut, di sekolah tersebut ternyata digunakan sebagai tempat latihan Drew Hanlen, seorang pelatih ketrampilan (skill trainer) yang sekarang tengah naik daun. Daftar pemain yang dilatih Hanlen termasuk Embiid, Harden, Jayson Tatum, dan Deni Avdija. 

Ternyata bukan mereka saja yang latihan di Shalhevet. Tempat ini juga sempat digunakan untuk bermain 5on5. Tapi pesertanya adalah Bradley Beal, Carmelo Anthony, Trae Young, hingga rapper 2 Chainz. Kemudian ada juga foto yang menunjukkan Zach Lavine, Tyrese Haliburton, RJ Barret, dan Tyler Herro yang datang bermain basket di tempat ini. 

"Kebanyakan dari mereka mencari tempat yang sunyi, terpencil, dan aman," kata Rabi Ari Segal, mantan kepala sekolah Shalhevet. "Tapi anehnya, mereka malah mendatangi tempat kami yang kecil. Bahkan ukuran gedung olahraga kami sebenarnya kurang ideal bagi mereka. Karena sangat kecil."

Segal awalnya tidak melihat adanya tren tersebut. Karena dulu, pada tahun 2015, Blake Griffin pernah berlatih di sana. Dia menganggap itu hal yang biasa. Shalhevet tidak menyiapkan fasilitas khusus, hanya membersihkan lapangan, lalu menarik biasa sewa dari Griffin. Namun setelah itu, video Griffin yang berkomentar tentang fasilitas olahraga di tempat tersebut muncul, semuanya berubah. Segal membenahi beberapa fasilitas termasuk ring basket. Karena para bintang NBA tersebut sering melakukan slam dunk. 

"Saya ngeri. Karena beberapa kali melihat mereka melakukan dunk. Maka saya meminta pihak sekolah untuk membeli ring baru, yang lebih bagus," kata Ryan Coleman, direktur olahraga Shalhevet, dikutip dari jweekly.com.

Foto: Twitter Ben Newman

Kehadiran mereka ke sekolah-sekolah, sebenarnya membawa dampak yang bagus. Terutama memberikan motivasi terhadap anak-anak yang ingin menjadi pemain profesional. Seperti Aiden Bitran, seorang siswa Shalhevet yang sangat senang menyaksikan idolanya berlatih. Bitran merupakan fans Bradley Beal. Dia juga beruntung, karena selain bisa menyaksikan Beal berlatih, Bitran diberi sepasang sepatu oleh Joel Embiid. (*) 

Foto: Instagram Drew Hanlen

Komentar