IBL

Seiring turunnya level PPKM di Indonesia, pelaksanaan turnamen olahraga seperti 3x3, mulai diizinkan kembali. Dengan demikian, beberapa turnamen sudah menghadirkan penonton dan supporter. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para peserta, panitia dan seluruh pengunjung. Seperti turnamen 3x3 untuk KU18 dan 23 yang bakal berlangsung di Jawa Tengah. 

Turnamen yang bertajuk Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 merupakan hasil kerjasama Supersport Sensation International (PT. SSS) dengan PT Bank Mandiri Tbk (PERSERO). Kabarnya turnamen ini bakal jadi agenda tahunan PP Perbasi. Berkaca dari kesuksesan selama penyelenggaraan seri pertama di Jabodetabek pada bulan Maret 2022. 

Turnamen ini digelar dengan sistem seri. Rangkaiannya dimulai di Jabodetabek, kemudian Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim). Untuk penyelenggaraan seri kedua di Jateng ini istimewa. Karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77. 

Babak penyisihan kota (City Selection) akan digelar di GOR Satria Semarang pada tanggal 14 Agustus 2022, dan dilanjutkan pada tanggal 17 Agustus 2022 di Planet Futsal Jogja. Usai pelaksanaan babak penyisihan di dua kota tersebut, kompetisi ini akan berlanjut ke tahap Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di Atrium Sleman City Hall pada tanggal 20-21 Agustus 2022.

"Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari kejuaraan ini. Kami akan terus mengembangkandan meningkatkan kualitas kompetisi 3X3 tingkat nasional ini. Semoga dalam semangat Hari Kemerdekaan RI yang ke-77, turnamen ini dapat menyumbangkan sebuah pagelaran acara olahraga yang menampilkan sportifitas dan level kompetisi yang tinggi," kata Azwan Karim selaku Direktur PT SSS, dikutip dari rilis PP Perbasi. 

Tujuan utama dari kompetisi ini adalah youth-development program, yaitu mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3. Harapannya kelak muncul atlet nasional dan memajukan 3X3 Indonesia. Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di website play.fiba3x3.com dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini. 

"Olahraga bola basket 3x3 ini sangat berpotensi untuk dikembangkan di komunitas pebasket tanah air. Pada turnamen seri Jabodetabek dan Jabar, level kompetisinya cukup tinggi dan saya yakin acara di Jateng juga tidak kalah kompetitifnya dengan seri-seri sebelumnya," ucap pelatih timnas 3x3 Indonesia, Ali Budimansyah.

Sebenarnya turnamen ini tidak berhenti hanya pada juara seri saja. Karena tim finalis setiap provinsi ternyata bakal bertemu di Granf Finale. Partai puncah ini direncanakan berlansung pada bulan Desember 2022. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis PP Perbasi

Komentar