IBL

Dua kali kalah dengan jarak poin yang tidak terlalu jauh membuat Cendrawasih Papua penasaran. Tapi rasa penasaran itu terbayar ketika menjalani pertandingan ketiga di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017. Cendrawasih menang 71-62 atas Amaris Makassar Warriors, Senin (20/11/2017).

"Kami sudah mengevaluasi hasil di setiap pertandingan. Hari ini kami berusaha sebisa mungkin untuk merebut poin sejak kuarter pertama," terang Pelatih Cendrawasih Papua Jeheskiel Edison Tetjuari.

Meski sukses merebut kemenangan perdananya di turnamen ini, Edison menilai anak asuhnya sempat kehilangan konsentrasi dalam pertahanan. Utamanya pada dua kuarter terakhir di mana Makassar Warriors lah yang mendominasi permainan.

"Itu kelengahan kami. Ketika kami leading, defense kurang sehingga kami harus rolling pemain. Ini juga bertujuan untuk menjaga stamina pemain saya," jelasnya.

Richardus Ciputra Permadi menjadi bintang kemenangan Cendrawasih di pertandingan ini. Dia mencatat double-double (20 poin dan 13 rebounds). Selain itu ia juga mempersembahkan enam assist untuk timnya.

Kunci kemenangan Cendrawasih ada pada kuarter pertama. Dimana mereka bisa memimpin 17 poin (19-2) di pertengahan kuarter pertama. Strategi fast-break dijalankan dengan sangat baik. Ini didukung dengan kecepatan para pemain-pemain Papua. Mereka unggul 38-17 di paruh pertama. Sementara di awal kuarter ketiga, Cendrawasih membuat jarak melebar menjadi 27 poin (46-19). Meski banyak yang turn-over yang dibuat pada kuarter keempat, Cendrawasih Papua tidak terkejar hingga buzzer berbunyi.

Untuk pertandingan selanjutnya, Amaris Makassar Warriors akan berhadapan dengan BBM Pontianak Warriors. Sedangkan Cendrawasih Papua tak ada jadwal bertanding alias istirahat.

Foto: Dika Kawengian

Komentar