IBL

Tak ada kata santai bagi juara bertahan Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2016, Pacific Caesar Surabaya. Sebab pada edisi kedua, Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 yang akan dimulai besok, semua tim akan mengincar tahta tersebut. Kontestan kini sudah tak sabar tampil di DBL Arena. Ditambah lagi, para pemain asing berjanji akan menampilkan pertarungan lebih hebat daripada edisi pertama tahun lalu.

Pacific Caesar Surabaya sebagai juara bertahan kali ini cukup siap mempertahankan gelar juara. Pasukan muda Pacific kini diasuh oleh kepala pelatih asal Surabaya, Kencana Wukir. Untuk menambah kekuatan, mereka mendatangkan Dominique Victor Jones dan Vernon Athelston Goodridge. Disco Domo -nama beken Dominique- merupakan rekan satu tim pemain asing Pacific Caesar, David Seagers. Mereka bermain di FIBA 3x3 World Cup dengan nama tim NY Harlem. Begitu pun dengan Goodridge, dia juga sahabat baik Seagers.

"Saya diajak oleh David Seagers. Saya banyak mendengar tentang basket Indonesia dari dia. Meski saya harus terbang cukup jauh ke negara ini, tapi saya senang bermain di turnamen ini," kata Goodridge dalam jumpa pers, Jumat (17/11/2017). "Saya bermain untuk tim juara bertahan, itu memang beban tersendiri. Tapi saya akan bermain sebaik mungkin dan berharap bisa mempertahankan juara."

Keyakinan Goodridge semakin membuat bersemangat pemain-pemain lainnya. Taylor Thomas Statham dari GSBC CLS Knights Jakarta juga tak mau kalah. Statham tahun ini baru saja membantu Mawar Sharon Eagles memenangi Piala Walikota Surabaya 2017. Dia ingin membantu GSBC CLS untuk bisa mendapatkan gelar juara di turnamen ini.

"Saya senang dengan kota ini, aroma basketnya sangat bagus, fans juga sangat banyak. Itulah yang membuat saya kembali ke kota ini. Tantangannya cukup berat, di MS Eagles saya banyak pemain asing, tapi di sini, saya hanya berdua. Jadi saya harus membantu untuk memaksimalkan potensi yang ada. Kami juga sudah berlatih dengan CLS Knights Indonesia, itu cukup membantu persiapan kami menghadapi turnamen ini," kata Statham.

Selain Pacific Caesar, di Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 ada Stapac Jakarta yang juga kontestan IBL 2017. Mereka akan mencoba kekuatan, sebelum terjun ke IBL 2017-2018 yang mulai bergulir 8 Desember 2017 mendatang.

"Kami memang menggunakan turnamen ini sebagai pemanasan sebelum terjun ke liga. Menurut saya turnamen ini bagus sekali karena juga memainkan pemain asing yang jumlahnya sama dengan liga. Tim-tim pesertanya pun tidak sembarangan. Sembari pemanasan, kami juga mengincar gelar juara," ucap forward Stapac Jakarta, Abraham Damar Grahita.

Ajang Jawa Pos Honda Pro Tournament 2017 memiliki daya tarik tersendiri bagi para insan basket tanah air. Maka, tidak heran bila nama-nama besar yang merupakan mantan atau pemain yang masih aktif di liga basket profesional tidak ragu untuk ambil bagian di turnamen tersebut.

Legenda yang dipastikan ambil bagian di Jawa Pos-Honda Pro Tournament tahun ini, di antaranya, I Made ”Lolik” Sudiadnyana dan Merio Ferdiansyah. Keduanya bakal memperkuat tim Mahameru Surabaya. Ada juga Dimas Aryo Dewanto, Dimaz Muharri, Wendha Wijaya, dan Jamarr Andre Johnson.

Jangan lupakan juga, tim kebanggaan Kota Pahlawan CLS Knights Surabaya yang akan berkolaborasi dengan tim asal Jakarta, yakni GSBC. Kolaborasi itu membuat Katon Adjie Baskoro dan Mohammad Sahroni bakal bekerja sama dengan pemain-pemain senior dari GSBC macam Welyanson Situmorang, Ary Chandra, dan Toni Sugiharto. Kemudian ada juga Andy ”Batam” Poedjakesuma yang tahun ini kembali memperkuat Flying Wheel Makassar.

"Saya rasa turnamen ini sudah menjadi rujukan bagi tim-tim yang sebenarnya masuk ke liga profesional, tapi mereka tidak masuk di liga. Turnamen ini juga sangat bagus sebagai panggung bagi tim-tim tersebut. Ketika sudah banyak tim peserta, bukan tidak mungkin ini akan jadi gelaran tahunan. Karena turnamen ini sudah memasuki tahun kedua. Saya rasa tahun-tahun berikutnya akan tetap digelar," kata Direktur Utama Jawa Pos, Azrul Ananda.

Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 akan digelar 18 hingga 26 November 2017 di DBL Arena Surabaya. Sebagai hadiahnya, tim juara akan mendapatkan New Honda Brio Satya. Selain piala Jawa Pos-Honda Pro Tournament juga akan ada piala Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang akan diperebutkan.

Tahun ini, Jawa Pos-Honda Pro Tournament 2017 diikuti 12 peserta yaitu Pacific Caesar Surabaya, Stapac Jakarta, Flying Wheel Makassar, LH Extreme Surabaya, Mahameru Surabaya, Go Skate Vin’s Surabaya, GSBC CLS Knights Jakarta, D-Mix Surabaya, Papas Surabaya, BBM Pontianak Warriors, Makassar Warriors dan Cendrawasih Papua. (*)

Foto: Dika Kawengian

 

Komentar