IBL

Kedatangan Chet Holmgren ke NBA Draft sangat dinanti. Pemain baru Gonzaga University tersebut diprediksi masuk dalam lima besar NBA Draft yang berlangsung pada 23 Juni mendatang. Holmgren sendiri juga menjadi urutan pertama dalam daftar ESPN Top 100. Pada Kamis (22/4) Holmgren mengumumkan bahwa dia akan mengikuti NBA Draft 2022.

Holmgren memiliki postur tujuh kaki atau 213 cm. Dia menjadi rekrutan yang bersinar di Gonzaga. Catatan prestasinya cukup mentereng. Holmgren menjadi pemain terbaik nasional 2021, MVP FIBA U-19 World Cup 2021, dan masuk dalam McDonald’s All-American Game 2021.

Pemain lulusan Minnehaha Academy, Minnesota itu memiliki akurasi tembakan 60,7 persen dengan akurasi 39 persen untuk tripoin. Dengan kemampuan itu, Holmgren mempunyai raihan rata-rata 14,1 poin, 9,9 rebound, dan 3,6 blok per gim.

Pada babak pertamanya di Divisi 1 NCAA musim ini, Holmgren mencetak 19 poin, 17 rebound, tujuh blok, dan dua steal. Sayangnya langkah Gonzaga terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari University of Arkansas.

“Setelah menjalani musim di mana kami mencapai banyak hal hebat, baik tim maupun individu, saya merasa seperti berada dalam posisi untuk bisa mengejar impian seumur hidup saya untuk bermain di NBA,” ujar Holmgren kepada ESPN.

Masuknya Holmgren ke NBA Draft memang telah ditunggu selama beberapa tahun terakhir. Itu terjadi sejak dia menjadi bintang sekolah di Minnesota. Bakat Holmgren terus dipantau.

“Saya mengerti bahwa basket adalah bisnis dan menjadi nomor satu bukan berarti menemukan kecocokan dan situasi yang tepat. Pada akhirnya saya berharap apapun yang terbaik untuk saya di masa depan. Jika itu ada di nomor satu, maka itu bagus,” ujarnya.

Dalam mempersiapkan diri menuju NBA Draft ini, Holmgren meminta para pelatih di Gonzaga untuk melatihnya dengan sangat keras. Dia yakin hal itu akan memberikan banyak manfaat dan pengalaman. Apalagi dia dilatih oleh Mark Few, yang musim lalu mengantar Gonzaga menjadi runner up Divisi 1 NCAA.

“Tujuan saya setiap hari adalah melakukan yang terbaik yang saya bisa. Saya melakukan itu dengan latihan pra-draft, yang membuat saya terbiasa dengan gaya permainan NBA. Summer league akan menjadi kesempatan pertama saya untuk menunjukkan itu,” kata Holmgren. (rag)

Foto : NBA

Komentar