IBL

Sebanyak 179 peserta mengikuti seleksi nasional (seleknas) untuk Timnas U-16. Seleknas tersebut diadakan pada 18-21 April 2022 di GMC Basketball Arena, Cirebon. Pada hari terakhir seleknas itu, PP Perbasi telah mendapatkan 24 nama untuk masuk ke pemusatan latihan Timnas U-16.

Seleknas tersebut diadakan untuk menjaring pemain yang akan berlaga di kejuaraan asia. Timnas U-16 putra akan berlaga di FIBA U-16 Asia Championships 2022 di Doha, Qatar pada 12-19 Juni mendatang. Sedangkan Timnas U-16 putri akan mengikuti Women Asian Championship 2022 di Amman, Jordania pada 24-30 Juni 2022.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Junior PP Perbasi Njoo Lie Wen mengatakan banyak remaja yang antusias dalam mengikuti seleknas tersebut Dari 179 peserta itu rinciannya 110 peserta putra dan 69 peserta putri.

Dalam seleknas tersebut ada dua jalur yang bisa ditempuh. Pertama hasil pemantauan dari PP Perbasi dan yang kedua merupakan rekomendasi dari pengprov.

“Animo cukup banyak. Selain panggilan (Perbasi), pengprov juga mengirim pemain. Dari rekomendasi Pengprov di luar panggilan itu, ada 70 lebih untuk putra dan sekitar 40 pemain untuk putri. Dengan animo sangat besar ini saya sangat gembira terutama untuk putri,” ujar Lie Wen dalam keterangan resminya pada Kamis (21/4).

Uji teknik meliputi passing dan shooting. Selain menguji kualitas teknik, seleknas tersebut juga menguji ketahanan fisik peserta. Materi tes fisik berupa bleep test, uji kekuatan otot paha, jump skill, sprint pendek, sprint panjang, dan push up.

“Harapan ke depan, bola basket bisa menjadi olahraga favorit di kalangan remaja dengan prestasi yang lebih bagus. Apalagi dengan Indonesia jadi tuan rumah Fiba Asia Cup 2022 dan FIBA World Cup 2023,” imbuh Lie Wen.

Selain seleksi kelompok U-16, secara bersamaan Perbasi juga melakukan seleknas untuk kelompok U-14 dan U-15. Seleknas tersebut diadakan di The Hawk Tangerang dan diikuti 400 peserta. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar