IBL

Teka-teki masa depan LeBron James di Los Angeles Lakers musim depan masih belum terjawab. Kontrak LeBron memang masih menyisakan satu musim lagi sampai 2023. Dia memiliki kesempatan memperpanjang kontrak dua tahun lagi pada Agustus mendatang.

Pertanyaannya, apakah LeBron akan melakukan hal tersebut ?

Eric Pincus dari Bleacher Report melaporkan bahwa apapun keputusan LeBron memiliki efek domino bagi Lakers. Terutama bagi keberadaan Russell Westbrook dan pemilihan pelatih Lakers berikutnya. Hingga keputusan LeBron itu belum dibuat, Lakers masih terjebak dalam situasi yang tak menentu.

Jika perpanjangan kontrak itu tidak dilakukan, Lakers bisa memperbaiki situasinya dengan Russ. Sementara LeBron sendiri tidak memiliki klausul larangan dalam pertukaran. Peraih empat kali MVP itu punya sedikit kendali atas kemana dia akan pergi.

Sumber dari Klutch Sport menyatakan bahwa diskusi internal dengan LeBron belum terjadi. Mantan pemain Cleveland Cavaliers dan Miami Heat itu belum memberi keputusan setelah pertemuan dengan tim pekan lalu.

“Saya dan (agen) Rich (Paul) bahkan tidak bisa mulai berbicara dengan (wakil presiden Lakers) Rob (Pelinka) atau front office sama sekali karena perjanjian perundingan bersama. Ketika kami sampai pada titik itu, kami akan melihat,” ujar sumber tersebut.

Jika LeBron tidak memperpanjang kontrak itu, dia bisa pergi pada musim panas mendatang. Lakers bisa mendapat kondisi finansial yang lebih stabil. Namun, mereka akan kehilangan bintang utamanya. Tapi setidaknya mereka masih memiliki Anthony Davis untuk satu musim lagi dan mencari bintang lain di agen bebas.

Jika kontrak itu diperpanjang, LeBron mungkin menginginkan beberapa opsi pemain untuk musim terakhirnya di Lakers mendatang. Itu akan memberikan Lakers waktu dua tahun lagi untuk mencari bintang yang baru sebagai aset mereka.

Tidak masalah bagi Lakers untuk memiliki LeBron yang genap berusia 38 tahun pada 30 Desember mendatang. Mereka tahu bahwa nama besar LeBron di NBA akan tetap menguntungkan meski tim tersebut memiliki catatan yang buruk sekalipun.

Musim ini Lakers tidak lolos ke playoff. Mereka berakhir diurutan ke-10 wilayah Barat dengan rekor 33-49. Lakers memang tidak punya pilihan jika LeBron tidak mau memperpanjang kontraknya.

Ini mungkin tanda-tanda berakhirnya LeBron dan Lakers. Tetapi kondisi ini masih bisa diperbaiki. Opsi dengan mengambil jalan tengah tidak akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. (rag)

Foto : AP Photo/Ashley Landis

Komentar