IBL

Awal pekan ini Komisaris NBA Adam Silver berbicara tentang tren para pemain bintang yang tidak berpartisipasi dalam pertandingan secara lengkap. Silver mengatakan bahwa sebagain besar dari masalah ini adalah cedera. Tetapi Silver belum bisa memberikan solusi atas masalah tersebut.

NBA memiliki 82 pertandingan di musim reguler sejak 1967 silam. Dengan 30 tim dan jadwal yang penuh, di antara mereka memilih mengisitirahatkan pemian bintangnya. Terutama jika pertandingan sudah tidak memiliki pengaruh penting.

Mereka masih mencari solusi antara menjaga kesehatan para pemain dan menyajikan pertandingan yang menarik. Ini memang bukan pertama kalinya isu tersebut menjadi perhatian dan belum ada solusi yang berarti.

Pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr pun angkat bicara. Sebelum pertandingan melawan San Antonio Spurs pada Sabtu (9/4) lalu, Kerr menyarankan agar liga mengurangi jumlah pertandingan musim reguler.

“Yang paling masuk akal adalah mengurangi pertandingan menjadi 72 gim. Ambil 10 gim dan dapatkan lebih banyak waktu istirahat. Saya pikir tim-tim akan mendukung hal itu dan mereka lebih sering memainkan pemain (bintang) mereka,” ujar Kerr dikutip dari CBS.

Dampak baiknya bisa membantu menjaga kesehatan pemain. Setiap pertandingan lebih bermakna dan kompetitif. Serta mengurangi kemungkinan pemain yang absen.

“Kami memiliki banyak informasi tentang cara mencegah cedera. Setiap tim memiliki tim medis yang menasihati kami untuk mengistirahatkan pemain bintang kami 10 gim dalam setahun,” lanjut Kerr.

“Seperti seiring bertambahnya usia Steph (Curry), ada pemikiran memainkannya 82 pertandingan, itu tidak masuk akal karena membuatnya lelah. Dan saat play-off dimulai, apa yang kita lakukan? Mengapa melakukan ini sejak awal?” Kata pelatih berusia 56 tahun itu.

Tetapi ada pendapat kontra. Di antaranya klub tidak ingin kehilangan laga kandang yang menjadi pemasukan. Selain itu juga pendapat soal pemotongan gaji karena jumlah pertandingan yang berkurang.

Di sisi lain, Silver tidak menampik kemungkinan soal pengurangan jumlah pertandingan. “Saya pernah mengatakan bahwa terlalu banyak pertandingan. Ini sesuatu yang harus kami perhatikan juga. Kami akan mempelajarinya,” tambah Silver. (rag)

Foto : Getty Images, CBS

Komentar