IBL

Los Angeles Lakers masih punya satu gim sebelum musim reguler berakhir. Mereka akan menghadapi Denver Nuggets, lusa. Namun, perjalanan musim reguler 2022 Lakers sendiri sudah bisa dibilang berakhir sejak mereka kalah dari Phoenix Suns dan tak mungkin lagi lolos ke Play-in Tournament.

Bersamaan dengan itu, Jumat 8 April 2022, waktu setempat, Lakers juga membuat pengumuman mengenai LeBron James. LeBron yang absen sejak gim lawan New Orleans Pelicans, 1 April lalu tak akan bermain di sisa musim.

Lakers menonaktifkan LeBron supaya ia fokus dalam penyembuhan cedera pergelangan kakinya. LeBron sendiri tak menjalani operasi, hanya perawatan dan proses penguatan untuk bisa kembali bermain.

Kepastian ini membuat musim 2022 LeBron resmi berakhir dan ia pun kembali mencetak sejarah untuk dirinya di NBA. Tampil 56 gim musim ini, LeBron membukukan catatan 30,3 poin, 8,2 rebound, dan 6,2 asis per gim.

Dengan usia 37 tahun, LeBron adalah pemain tertua dalam sejarah NBA yang mampu membukukan rataan setidaknya 30 poin per gim. Catatan ini menggeser Stephen Curry yang melakukannya pada musim lalu di usia 32 tahun. Curry sendiri sebelumnya menggeser Michael Jordan yang juga berusia 32 tahun.

Menariknya, Curry tak hanya digeser oleh LeBron. Kevin Durant musim ini juga membukukan 30,1 poin. Usia KD sekarang adalah 33 tahun. KD resmi menggeser Curry sebagai pemain tertua dengan 30+ poin per gim di satu musim. Jika KD bermain di gim terakhir Nets lusa, maka ia butuh mencetak 27 poin untuk mengunci 30 poin per gim. Namun, jika ia tak bermain, maka rekor itu sudah ia pegang.

Untuk LeBron sendiri, rekor ini melengkapi kariernya yang luar biasa. Tak hanya menorehkan rekor pemain tertua dengan catatan tersebut, ia sampai sekarang juga tercatat sebagai pemain termuda yang memiliki rataan 30+ poin per gim dalam semusim. Catatan ini ia torehkan saat berusia 21 tahun dengan 31,4 poin per gim pada 2005-2006 lalu. Ada jarak 16 tahun antara "LeBron Muda" dan "LeBron Tua".

Sekali lagi, satu-satunya pemain yang mendekati LeBron adalah KD. Tak hanya mendekati, keduanya imbang di predikat termuda ini. KD juga berusia 21 tahun kala membukukan rataan 30,1 poin per gim pada musim 2009-2010.

Apa yang ditunjukkan LeBron ini semakin memperlihatkan betapa besar dan lamanya dominasi yang ia tancapkan di liga. Di usia karir yang senja, LeBron masih saja tak terhentikan meski gaya bermainnya jelas sudah berubah banyak. 

Di lain sisi, pencapaian ini juga cukup menyakitkan mengingat Lakers terdampar di peringkat 11 klasemen akhir Wilayah Barat. Seharusnya, dengan LeBron tampil segila ini, mereka masih bisa bersaing untuk prestasi yang lebih baik lagi dari ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar