IBL

Setelah bertarung sengit hingga detik-detik akhir, West Bandits Combiphar Solo akhirnya berhasil mengakhiri perlawanan Indonesia Patriots dengan kemenangan tipis, 77-75. Satu tembakan gratis dari Sameen Swint di tiga detik sebelum laga usai memastikan kemenangan West Bandits. Swint sendiri mencetak 17 poin, 7 rebound, 4 asis. Poin terbanyak West Bandits dibuat oleh Widyanta Putra Teja dengan 19 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Widy bermain hampir 32 menit dengan akurasi (FG) mencapai angka 61 persen. Satu lagi pemain West Bandits yang mencetak poin dengan digit ganda adalah Mei Joni dengan 12 poin. 

Berlangsung di Hall Basket Senayan, 25 Maret, kuarter pertama menjadi milik Patriots. Dame Diagne yang turun sebagai starter mulai menunjukkan aksi dominasi did ekat ring. Patriots sempat unggul hingga 13 poin. Akurasi (FG) Patriots mencapai angka 66,7 persen, sementara West Bandits hanya 26,3 persen. Keunggulan ini menjadi keunggulan tertinggi Patriots. Pelan dan pasti, West Bandits terus mendekati poin Patriots.

“Di kuarter satu kami tidak memainkan defense dengan baik,” ungkap Asisten Pelatih West Bandits Muflih Farhan. “Kami melakukan penyesuaian di kuarter kedua, ketiga dan keempat dan berhasil. Masalah kami juga adalah menghentikan Yesaya dan Dame. Namun setidaknya kami sudah berusaha untuk membatasi gerak kedua pemain tersebut.”

Pertengahan kuarter ketiga, satu tembakan gratis Mei Joni akhirnya menyamakan kedudukan di angka 50 sama. Pada awal kuarter empat, West Bandits bahkan sempat melebarkan keunggulan hingga tujuh poin. Namun perlawanan Patriots yang tetap sengit membuat mereka sempat kembali mengambil keunggulan, bahkan hingga menjelang laga usai, Patriots sempat unggul 75-74. Tiga angka terakhir yang membuat West Bandits unggul semuanya berasal dari tembakan gratis. Dua dari Mei Joni dan satu dari Swint.

Kedua tim terbilang nyaris sama kuat di semua lini. Kecuali pada tembakan gratis. West Bandits memasukkan 15 dari 19 kesempatan (78 persen), Patriots hanya 10 dari 17 tembakan (58 persen).

Ada empat pemain Patriots mencetak poin dengan digit ganda. Dame Diagne terbanyak dan mantap dengan dobel-dobel 23 poin dan 19 rebound. Yesaya Saudale juga dobel-dobel dengan 15 poin dan 11 asis. Julian Chalias nyaris dobel-dobel dengan 13 poin dan 9 rebound. Serta Aldy Izzatur dengan 12 poin dan 7 rebound. Hasil ini membuat West Bandits kini mengoleksi 11 kemenangan dari 19 laga. Kemenangan West Bandits atas Patriots ini pun jadi kemenangan kedua mereka atas lawan yang sama. Pada pertemuan pertama, West Bandits menang, 64-50.

“Gim ini lebih baik daripada pertemuan pertama kami melawan West Bandits. Kami belajar banyak. Malam ini jelas lebih baik. Kami memimpin hampir di sepanjang pertandingan. Tapi pada akhirnya hanya ada satu tim yang menang. Saya puas dengan permainan kami malam ini,” jelas Kepala Pelatih Patriot Milos Pejic seusai laga.(*)

Foto: Hari Purwanto

Komentar