IBL

Situasi memanas antara Rusia dan Ukraina membuat banyak hal yang berkaitan dengan Rusia dikecam oleh publik. Di cabang olahraga pun tak ketinggalan. Beberapa federasi olahraga dunia resmi menghukum Rusia dengan menarik keikutsertaan mereka dalam berbagai ajang.

Di sepak bola Liga Inggris atau Barclays Premier League, tim asal London, Chelsea F.C. juga terkena imbas dari situasi ini. Pemilik mereka, pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich, mendapat tekanan publik untuk angkat kaki dari tim yang dijuluki The Blues ini.

Atas nama cintanya ke Chelsea, ia pun benar merelakan jabatannya. Pertama, ia menyerahkan operasional tim kepada yayasan yang dimiliki Chelsea. Kedua, ia siap melego Chelsea dengan harga AS$3,35 milyar. Jika harga tersebut terealisasi, itu adalah salah satu kesepakatan jual-beli franchise olahraga termahal sepanjang sejarah.

Menariknya, di tengah kabar tersebut, muncul nama pemilik Sacramento Kings, Vivek Ranadivé, sebagai salah satu kandidat terkuat untuk membeli Chelsea. Laporan dari Sportico menyebutkan bahwa Vivek sedang dalam tahap finalisasi untuk mengajukan proposal pembelian.

Sportico sendiri mendapatkan informasi ini dari orang terdekat Vivek yang tak mau disebutkan namanya. Kabarnya, pihak Vivek tak ingin berita ini muncul ke media sebelum ada kesepakatan. Pihak Sportico juga coba menghubungi manajemen Kings namun mereka menolak berkomentar.

Vivek adalah salah satu pengusaha teknologi termasyur di Amerika Serikat. Berasal dari Mumbai, India, Vivek per Maret 2022 ditaksir memiliki kekayaan AS$750 juta. 

Vivek bersama grup investasinya membeli Kings pada 2013. Sebanyak 65 persen saham Kings ia beli dengan harga AS$348 juta. Kings kala itu ditaksir memiliki valuasi senilai AS$534 juta. Per hari ini, valuasi Kings ada di angka AS$2,06 milyar.

Jika Vivek ternyata benar berencana membeli Chelsea dan terjadi, ia akan jadi pemilik tim pertama di Barclays Premier League yang berasal dari India. Namun, diyakini Sportico bahwa persaingan untuk membeli Chelsea akan sangat ketat. Sampai sekarang dikabarkan setidaknya ada tiga kandidat lain yang juga siap mengajukan proposal. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar