IBL

Grace Evi Ekawati tidak bisa menyembunyikan air matanya ketika prosesi pelantikan Pengprov Perbasi Jawa Timur (Jatim) untuk periode 2021-2025 rampung, pada Kamis malam, 2 Desember 2021, di Hotel Royal Tulip Surabaya. Pelantikan ini dianggap sebagai momentum agar insan basket Jatim bersatu demi prestasi dan tujuan yang lebih besar lagi.

Evi merasa dalam beberapa bulan terakhir, atau di sebelum Musyawarah Provinsi (Musprov) Perbasi Jatim, insan basket terpecah. Ada yang mendukung Evi dan ada pula pendukung Vincent Ngai sebagai calon ketua umum yang menjadi lawannya. Kini semua sudah berakhir, dengan pelatikan pengurus baru, Evi kini resmi menjadi Ketua Umum Pengprov Perbasi Jatim. 

"Saya berharap ini menjadi momentum buat kita semua, buat Jawa Timur. Kita harus bersatu. Semua harus fokus pada tujuan yang lebih besar, baik itu pengurus, klub-klub yang ada, stakeholder, pemain, wasit dan semua yang mencintai bola basket harus bersatu," ungkapnya kepada awak media, usai pelantikan.

Evi menuturkan, tugas ke depan lebih berat. Sebab, pengurus lama sudah meninggalkan warisan prestasi yang gemilang, yaitu satu medali emas dan dua medali perunggu di PON 2021 Papua. Dengan kata lain, ke depan Perbasi harus bisa mempertahankan prestasi tersebut. Dan, targetnya bakal lebih tinggi lagi.

"Saya akan memimpin Perbasi untuk mencetak para juara. Untuk PON 2024 nanti di Aceh dan Sumatera Utara, kami menargetkan empat medali emas. Dua dari bola basket putra dan putri, serta 3x3 putra dan putri. Saya yakin dengan bersatunya insan basket Jatim, target ini bisa diwujudkan," imbuhnya. 

Direktur PT DBL Indonesia Masany Audri memberikan ucapan selamat kepada Evi Ekawati usai pelantikan pengurus Pengprov Perbasi Jatim.

Evi tak lupa menyinggung soal pembinaan dan kompetisi di daerah. Dia berjanji akan memutar kompetisi kelompok umur di daerah-daerah. Karena dengan kompetisi yang sehat, maka Jatim bisa menjadi barometer basket nasional. 

Sementara tujuan besar yang disinggung Evi adalah sumbangsih Jatim untuk nasional. Dia berharap agar para atlet Jatim semakin banyak berkiprah di tingkat nasional. Lebih-lebih bisa menyumbang pemain untuk timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. 

Pelantikan Pengprov Perbasi Jatim masa bakti 2021-2025 dilakukan langsung oleh Ketum PP Perbasi Danny Kosasih. Dalam sambutannya, Danny membocorkan kunci sukses sebagai pengurus organisasi cabang olahraga. Danny berpesan agar Evi selalu berkomunikasi dengan KONI Jatim agar selalu mendapatkan dukungan ketika melangkah.

"Kerjasama yang bagus antara Perbasi dan KONI Provinsi dan Kota/Kabupaten jadi kunci sukses. Jangan hanya datang dan ketemu pengurus KONI kalau butuh dana saja. Seharusnya setiap langkah dan kebijakan pengurus cabang olahraga itu harus mendapat restu dari KONI sebagai induk organisasi cabor," pesannya.

Evi mengusung misi yang lebih besar di masa kepengurusannya nanti. Untuk lebih memberi semangat, ibu dari pebasket Jovita Elizabeth Simon tersebut membuat jargon "Dari Jawa Timur untuk Merah Putih". Semangat tersebut akan digelorakan terus mulai hari ini hingga akhir kepengurusannya nanti. (tor)

Foto: Fariz Wae

Komentar