IBL

Klub Washington Wizards berdiri sejak 1961. Sepanjang perjalanan mereka hingga sekarang, klub tersebut hanya sekali meraih gelar juara. Itu di era kepemimpinan Bob Ferry. Kini manajer legendaris Wizards tersebut sudah tutup usia. 

Bob Ferry mengawali karir sebagai pemain NBA mulai tahun 1959. Dia pernah berseragam St. Louis Hawks (1959-1960), Detroit Pistons (1960-1964), dan terakhir Baltimore Bullets (1964-1968). Baltimore Bullets merupakan nama ketiga dari klub Washington Wizards. 

Bob Ferry muda. (Sumber foto: People)

Setelah pensiun, Ferry menjadi manajer Bullets mulai tahun 1973 hingga 1990. Dalam kurun waktu 17 tahun tersebut, Wizards masuk playoff sebanyak 13 kali, dan menjadi juara di tahun 1978. Di partai final, Bullets menang 4-3 atas Seattle SuperSonics. Ferry memenangkan penghargaan Executive of the Year di tahun 1979 dan 1982. 

Tim Washington Bullets juara NBA 1978. (Sumber foto: nba.com)

Salah satu warisan Ferry untuk NBA adalah mempekerjakan pelatih kulit hitam. Sebagai manajer, Ferry menunjuk KC Jones pada tahun 1973, dan Wes Unseld Sr. pada tahun 1988. Ferry dikenal sebagai seorang manajer yang peduli terhadap keadilan sosial. Jadi saat Ferry meninggal pada Rabu, Rabu, 27 Oktober 2021, banyak tokoh NBA merasa kehilangan. Termasuk dari keluarga besar Washington Wizards. 

"Bob dan keluarganya sayang kepada orang tua saya, keluarga Unseld, organisasi Wizards, dan kami hanya ingin mendoakan yang terbaik untuk dia dan keluarganya, dan menjaga mereka dalam pikiran dan doa kami," kata pelatih Wizards Wes Unseld Jr., dikutip dari ESPN.

Saat Bob Ferry menjadi manajer, Wizards ada di masa kejayaannya. Kemudian sepeninggalan Ferry, dan ketika nama mereka berubah menjadi Washington Wizards, mereka tidak pernah masuk final NBA lagi. Jangankan masuk final NBA, prestasi tertinggi Wizards hanya sampai di semifinal wilayah saja. (tor)

Foto: ESPN

Komentar