IBL

Hari ini,Selasa, 19 Oktober 2021, waktu Amerika Serikat, NBA merayakan hari jadinya yang ke-75. Sebagai laga pembuka, ada pertandingan antara Brooklyn Nets melawan Milwaukee Bucks, dan Los Angeles Lakers melawan Golden State Warriors. Namun tidak hanya pertandingan istimewa saja, selama tiga hari ke depan, NBA bakal mengumumkan 75 nama pemain terbaik sepanjang sejarah liga. Namun jumlah itu tidak serta merta diumumkan semuanya. NBA akan membaginya dalam hari, sehingga per hari akan ada 25 pemain yang diumumkan.  

Sudah 25 tahun sejak liga meluncurkan daftar 50 pemain terhebat dalam sejarah NBA, yang menandai perayaan sepanjang musim dari ulang tahun ke-50 NBA pada tahun 1996. Selama turun minum NBA All-Star Game 1997 di Cleveland, 47 dari 50 pemain terbaik dapat penghormatan. NBA bakal mengulang momen tersebut. Pada NBA All-Star 2022 nanti yang juga digelar di Cleveland, akan ada upacara penghormatan. 

NBA 75th Anniversary Team ini dipilih oleh panel media, pemain aktif dan mantan pemain, pelatih, manajer umum dan eksekutif tim. 25 anggota pertama dari tim itu, yang mewakili berbagai posisi dan era dari sepanjang sejarah NBA, diumumkan Selasa malam. 

"Itu sangat berarti bagi saya," kata Kevin Durant di TNT setelah pengumuman nama-nama tersebut. "Sebagai pemain di liga, tentu saja kami ingin meninggalkan jejak. Bukan hanya tentang liga saja, tapi permainan bola basket secara keseluruhan. Menjadi salah satu yang terhebat yang pernah ada dalam permainan ini sangat berarti bagis saya. Dulu saya seorang anak kecil yang menyaksikan ulang tahun ke-50. Berharap dan bermimpi suatu saat nanti bisa memiliki jaket kehormatan itu."

Dengan 25 nama yang diumumkan hari ini, maka NBA masih memiliki 50 nama lagi. 25 berikutnya akan dirilis pada hari Rabu dengan 25 terakhir akan diumumkan hari Kamis, waktu setempat. Liga memiliki sejumlah agenda perayaan untuk ulang tahun ke-75, dan pemain seperti Nowitzki, Pettit, Robertson, Magic Johnson dan Clyde Drexler akan menjadi duta untuk ulang tahun berlian. 

Para pemain yang dipilih pada hari Selasa ini merupakan tonggak sejarah liga. Pettit memulai debutnya pada tahun 1954. Antetokounmpo memulai debutnya hampir 60 tahun kemudian pada tahun 2013. Russell memiliki 11 cincin kejuaraan. Harden tidak memilikinya cincin juara. Setiap era dan tipe pemain telah terwakili sejauh ini, dan daftarnya hanya semakin dalam saat diumumkan dalam beberapa hari mendatang. (tor - bersambung)

Foto: NBA.com

Komentar