IBL

Tim putra Sulawesi Utara makin bersinar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Sulut membungkus kemenangan ketiga setelah menghabisi Bali dengan skor 86-56, di Mimika Sports Complex, Selasa sore. Greans Chandra Bartes Tangkulung mencetak 25 poin, yang mengantarkan Sulut melaju ke babak semifinal.

Greans awalnya membuat tujuh poin di babak pertama. Tapi di kuarter ketiga, alumnus Honda DBL Camp 2019 tersebut menambah 11 poin dari 31 poin yang dicetak Sulut. Pertahanan yang ketat membuat Bali hanya mampu mencetak empat poin saja di kuarter ketiga. Greans di laga ini mencetak akurasi tembakan 10/17 termasuk tiga kali tripoin.

"Defense bagus tadi. Di kuarter ketiga kami bisa defense bagus, sehingga serangan bisa tercipta dari sana," kata Greans Tangkulung usai pertandingan.

Dari tim inti Sulut, Fernando Manansang tampil impresif dengan catatan 13 poin dan 14 rebound.Disusul Andrew William Lensun dengan torehan 12 poin. Sementara selain Greans, pemain cadangan yang mampu mencetak poin digit ganda adalah Luis Jovan Anugerah Golung yang menyumbang 12 poin.

"Apa yang kami capai sekarang merupakan buah dari proses dan usaha keras. Saya apresiasi kepada pemain yang mau defense. Karena itu yang paling penting di pertandingan melawan Bali," ungkap Roland R. Y. Lengkong, pelatih Sulut.

Kemenangan tersebut membuat Sulut melaju ke babak semifinal. Mereka menang tiga kali, dan masih punya satu laga lagi melawan Papua, besok siang. Sebaliknya, Bali akan melakoni laga hidup-mati melawan Jawa Timur. Kalau mereka menang, maka lolos ke semifinal.

"Kami akan habis-habisan besok. Jatim bukan lawan yang muda, kekuatan Jatim mungkin hampir sama dengan Sulut. Kami harus lebih fokus dan tenang dalam pertandingan. Karena itu pelajaran yang kami dapat dalam kekalahan ini," kata Made Indra Novrihadi, mantan pemain profesional yang kini menjabat sebagai asisten pelatih tim putra Bali.

Sulut tidak mau main-main dalam pertandingan penyisihan. Mereka ingin sapu bersih, dan melaju ke semifinal sebagai juara Grup B. Lebih jauh, Sulut kini mengincar medali emas di PON Papua. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar