IBL

Penyanyi muda Billie Eilish sedang menapaki kultur fashion lebih dalam lagi. Ia mengumumkan sepatu berkolaborasi dengan Jordan. Menggunakan siluet Air Jordan 1 KO dan Air Jordan 15. Yang paling menarik dari kedua edisi tersebut adalah pengembangan bahannya yang ramah lingkungan.

Nike memang sedang mempromosikan kampanye pembuatan produk ramah lingkungan di semua lini. Mereka pertama kali melakukannya pada 2020 kala melepas lini Space Hippies. Berlanjut dengan melepas lebih banyak varian Converse Renew. Produk yang ditampilkan dibuat dengan detail yang menunjukkan kalau ia mengandung bahan daur ulang.

Perilisan lagu ini tersemat pada tumit Air Jordan 15 x Billie Eilish.

Kendati demikian, tidak semuanya berkonsep seperti itu. Contohnya adalah lini kolaborasi dengan pelantun “Bad Guy”. Keduanya menerapkan warna monoton polos. Air Jordan 1 KO dibalut warna hijau toska terang. Sedangkan Air Jordan 15 tampil lebih kalem dengan pilihan hijau pupus.

Pemilihan dua siluet tersebut kabarnya karena Sang popstar mengidolai desainnya. Meski pada kenyataannya, Tinker Hatfield dalam series “Abstract: The Art of Design” (2019) di Netflix menyebut seri ke-15 adalah yang terburuk dari sepatu-sepatu bikinannya untuk Michael Jordan.

Wajar kalau siluet pilihan Eilish bisa dibilang unik. Dan Jordan ternyata dapat mengakomodasi itu. Mengingat Jordan saat ini lagi gencar-gencarnya mengangkat pamor Air Jordan 1 Retro serta seri terbaru mereka yang telah sampai edisi ke-36.

Yang tak kalah menarik dari rilisan Jordan x Billie Eilish adalah bahannya. Dibuat dari 100 persen vegan atau tidak menyertakan komponen hewani. Serta 20 persen dari total bahan menggunakan material yang dapat didaur ulang.

Ada detail menarik yang tersemat pada tumit seri Air Jordan 15. Terdapat angka 23.6.15 di sana. Itu merupakan tanggal yang monumental bagi Eilish. Single debutnya bertajuk "Six Feet Under" dilepas pertama kali ke publik melalui jejaring SoundCloud. Materi tersebut kemudian dirilis ulang dan disebarluaskan di semua platform dengar musik digital pada 17 November 2016. Ini adalah bentuk pengingat masa awal dirinya terjun di kancah musik hingga jadi popstar level global seperti sekarang.

“Saya sangat bersemangat akhirnya bisa mengumumkan dua sepatu Air Jordan ini. Saya selalu suka Jordan. Dan ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa bisa merumuskan sendiri sebuah produk. Apalagi bisa membawa unsur lingkungan,” tulis Eilish dalam akun Instagramnya.

Dirinya turut menyebutkan kalau produk ini akan dilepas mulai 27 September 2021 lewat situs pembelian merchandise resminya. Dilanjutkan tiga hari kemudian melalui aplikasi pembelian Nike. (ajb)

Air Jodan 1 KO x Billie Eilish

 

Air Jordan 15 x Billie Eilish

Foto: Nike, akun Instagram @billieeilish

 

Komentar