IBL

Dennis Schroder identik dengan nomor punggung 17, yang dikenakannya sejak masuk ke NBA hingga membela Los Angeles Lakers musim lalu. Namun karena dia ingin mendapatkan sorotan lagi, Schroder membalik nomor punggung tersebut. Hasilnya, pemain Jerman tersebut akan memakai nomor langka di NBA yang sudah ditinggalkan selama 50 tahun terakhir.

Sebenarnya ada satu hal yang membuat Schroder tidak boleh memakai nomor punggung 17 di Boston Celtics. Karena nomor tersebut diistirahatkan untuk menghormati mendiang John Havlicek. Namun justru dengan membalik nomor punggung saja, Schroder sudah membuat gebrakan baru di NBA.

Keith Smith, kontributor Celtics Blog, Schroder akan menjadi pemain pertama dalam sejarah Celtics yang memakai nomor punggung 71. Bila diurutkan dari sejarah liga, maka Schroder memakai nomor punggung yang tidak pernah muncul dalam 50 tahun terakhir. Nomor 71 terakhir dipakai oleh McCoy McLemore, saat dirinya membela San Francisco Warriors di musim 1964-1966. Bahkan hanya tiga pemain saja yang pernah memakai nomor punggung 71 selama NBA bergulir.

(Sumber foto: Getty Images)

McLemore sendiri pensiun pada tahun 1972. Dia pernah membela Chicago Bulls, Phoenix Suns, Detroit Pistons, Cleveland Cavaliers, Milwaukee Bucks, dan terakhir Houston Rockets. McLemore pernah mengganti nomor punggungnya beberapa kali mulai 71, 32, 18, 34, 23, 35, dan 9. McLemore merupakan bagian dari tim Milwaukee Bucks yang juara pada tahun 1971.

Bagi Schroder, dia butuh hal-hal seperti ini untuk mengembalikan popularitasnya. Dia menghadapi situasi sulit pada bursa "free agent" tahun ini. Schroder menolak tawaran Lakers senilai AS$84 juta selama 4 tahun. Ternyata keputusan tersebut salah, karena dia tidak menerima tawaran dari tim lain selama bursa "free agent". Akhirnya Schroder menerima kontrak dari Celtics dengan nilai AS$6 juta selama setahun. (tor)

Foto: Bleacher Report

 

Komentar