IBL

Kevin Durant kini mendapat julukan "Captain America". Julukan tersebut awalnya muncul di NBC Sports Nortwest, setelah dirinya membawa timnas Amerika Serikat memenangkan medali emas di ajang Olimpiade 2020 Tokyo, Sabtu, 7 Agustus 2021. KD menjadi pemain yang mencetak poin paling banyak dalam sejarah timnas Amerika Serikat.

KD disebut sebagai pahlawan super karena sudah menjadi penentu kemenangan dalam tiga pertandingan final Olimpiade. Pemain Brooklyn Nets tersebut mencetak 30 poin di final Olimpiade 2012 melawan Spanyol, mencatatkan 30 poin ketika bertanding melawan Serbia di final Olimpiade 2016, lalu mencetak 29 poin di final Olimpiade 2021 melawan Prancis. Durant kini mendapatkan tiga medali emas Olimpiade, sepanjang karirnya.

"Ya, ini saatnya menang," kata Durant, setelah pertandingan final. "Maksudku, final Olimpiade itu satu pertandingan atau pulang. Ini bukan seri. Jadi saya harus memberikan segalanya di setiap detik."

Durant menjadi pemain Amerika Serikat pertama yang mencetak lebih dari 100 poin dalam tiga gelaran Olimpiade yang berbeda. Dia juga membuat 71 tripoin dan 61 tembakan gratis di Olimpiade. Belum pernah ada pemain Amerika Serikat lain yang melakukannya. Meski awalnya, ada keraguan tentang timnas Amerika Serikat di gelaran tahun ini.

KD sudah mengumpulkan 354 poin dalam 19 pertandingan Olimpiade, atau dengan rata-rata 18,6 poin per gim. Dia sudah melampaui catatan Carmelo Anthony dengan catatan 336 poin dari empat kali tampil di Olimpiade.

"Kami melewati beberapa kesulitan. Kalah dua kali di uji coba, dan kalah sekali di babak penyisihan, membuat mental kami sedikit terganggu. Tapi saya senang bisa menyelesaikan ini dengan baik," ungkapnya.

(Sumber: fiba.basketball)

Ditanya soal kemungkinan menambah medali emas, Durant tidak mau ambil pusing. Padahal dia masih punya kesempatan untuk bermain di Olimpiade 2024 Paris. Karena ketika Olimpiade tersebut dilaksanakan, usia Durant masih 36 tahun.

"Saya tidak tahu. Kita lihat saja nanti," tutupnya. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar