IBL

Hasil berbeda didapat tim nasional 3x3 Indonesia usia (di bawah atau) 18 tahun ketika tampil di babak penyisihan FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017. Tim putri berhasil melanjutkan langkah ke babak perempat final. Sedangkan tim putra harus pulang lebih awal karena dua kali kalah bertanding di babak penyisihan grup.

Tim putri Indonesia harus berjuang keras di pertandingan pertama. Mereka tampil menghadapi Jepang yang notabene juara tahun lalu. Di pertandingan ini, Indonesia tak mampu menandingi kecepatan Jepang. Mereka kalah dengan skor 16-20. Selanjutnya di pertandingan kedua, tim putri bangkit. Mereka sukses menundukkan tim Taiwan yang perkasa. Sebab Taiwan sebelumnya mengalahkan Jepang dengan skor 11-9.

Pertandingan ini sangat menegangkan mengingat kedua tim butuh kemenangan untuk lolos. Lea Kahol membuka keunggulan Indonesia di menit pertama. Tetapi Taiwan membalas dengan memasukkan tembakan dua angka. 2-1 untuk keunggulan Taiwan.

Selanjutnya Indonesia bisa unggul jauh lewat dua kali tembakan dua angka dari Lea Kahol. Indonesia memimpin 15- 11. Di menit akhir, Indonesia lengah dan Taiwan bisa memasukkan empat poin beruntun. Akhirnya, Indonesia bisa menambah satu poin di detik-detik akhir lewat Lea Kahol dari bawah ring. Indonesia menang 16-15 atas Taiwan.

Kemenangan ini membuat Indonesia bisa memimpin perolehan poin di grup C. Sekaligus mereka sukses melaju ke babak semifinal. Di fase tersebut Indonesia akan bertemu dengan Sri Lanka.

Sementara itu, tim putra harus pulang lebih awal. Tim Indonesia tak mampu menandingi keperkasaan Tiongkok dan Taiwan di grup D. Di pertandingan pertama Indonesia menyerah 10-21 dari Tiongkok. Tinggi badan jelas jadi masalah bagi Indonesia. Sebab pemain Tiongkok rata-rata bertinggi badan sekitar 1,9 meter.

Di laga berikutnya, Indonesia pun menyerah 8-21 atas Taiwan. Dua pemain Taiwan, Pei-Chia Wu dan Jonah Morrison punya tinggi di atas dua meter. Indonesia kesulitan untuk mengimbangi permainan mereka. Meski Taiwan bukan tim unggulan di turnamen ini, tetapi mereka punya Jonah yang notabene pemain yang sudah memiliki rangking dunia di 3x3planet.com.

Foto: fiba.com

Komentar