IBL

Los Angeles Clippers menang 106-92 atas Phoenix Suns di Gim 3 Final Wilayah Barat, Kamis malam, waktu setempat. Hasil tersebut membuat Clippers mengejar ketertinggalan menjadi 1-2 di seri best-of-seven. Kebangkitan tim mungkin terdengan biasa dalam sebuah pertandingan basket. Namun kali ini ada cerita menarik di balik kebangkitan Clippers. Ada Tyronn Lue yang menyulut api di hari para pemain setelah kekalahan 0-2 atas Suns.

Baca juga: Bertahan dengan Solid, Clippers Tipiskan Ketinggalan atas Suns

Lue yang gelisah setelah kalah dua kali beruntun di Final Wilayah Barat langsung menghubungi Paul George. Dia adalah pemain pertama yang dihubungi Tyronn Lue setelah pesawat yang membawanya dari Phoenix mendarat di Bandara Internasional Los Angeles. Saat itu sudah dinihari. Tapi Lue tidak menunda niatnya, dan langsung berbicara dengan George melalui sambungan telepon.

Lue mengatakan, dia ingin menyentuh sisi paling dalam dari hati Paul George. Salah satunya dengan mengatakan kalau Clippers tidak akan sampai ke titik ini tanpa PG13. Ternyata usaha tersebut berhasil. George tampil menggila di pertandingan ketiga. Dia mencetak 27 poin, 15 rebound, dan 8 asis dalam 43 menit. Menyelamatkan Clippers dari pembantaian Suns.

"Kami tidak akan ada di posisi ini tanpa dia. Begitu yang saya katakan pada George. Permainan ini (liga) akan segera berakhir. Tidak apa-apa, tapi setidaknya akhiri dengan indah," kata Lue, setelah pertandingan Kamis malam, dikutip dari ESPN.

Setelah menelepon George, Lue menghubungi Patrick Beverly, begitu seterusnya sampai seluruh roster Clippers diajak untuk bangkit dari keterpurukan. Bahkan Kawhi Leonard yang sedang cedera. Dia berharap Leonard bisa memberikan energi positif bagi rekan-rekannya.

Ternyata telepon dini hari Tyronn Lue berdampak besar bagi kemenangan Clippers, Kamis malam. Reggie Jackson melakukan tembakan yang menjadi momentum kemenangan Clippers di kuarter keempat. Jackson mencetak 23 poin, termasuk kontribusi 10 poin di kuarter terakhir. Ivica Zubac menyelesaikan laga dengan catatan 15 poin dan 16 rebound. Sebelumnya, di babak pertama, Zubac menghasilkan 11 poin dan 12 rebound.

Patrick Beverly berhasil menahan laju Devin Booker. Pemain andalan Suns itu hanya bisa mencetak 15 poin dengan akurasi 5/21. Pat Bev sendiri menyumbang 8 poin dan 6 reboun untuk Clippers. Sementara Terance Mann mencetak 12 poin dan membantu Clippers unggul di kuarter keempat.

Setelah kemenangan di gim ketiga, orang-orang mulai percaya kalau Tyronn Lue bisa membuat sejarah baru lagi. Clippers musim ini adalah tim yang mampu bangkit setelah tertinggal 0-2 di playoff. Tampaknya, mereka akan melakukannya lagi.

"Apa pun akan saya lakukan. Tidak masalah bagi saya untuk menelepon semua pemain kapan saja. Terpenting, para pemain merespons pembicaraan itu dengan baik," kata Lue. "Kami harus menyamai energi mereka (Phoenix Suns). Kalau lawan berjuang keras, kami harus berjuang lebih keras lagi."

Gim 4 antara Clippers melawan Suns akan digelar Jumat, 25 Juni 2021, waktu Amerika Serikat, di Staples Center. (tor)

Foto: The Press-Enterprise

Komentar