IBL

Prawira Bandung bakal mengarungi musim 2022 dengan nakhoda baru. Dalam unggahan Instagram resmi klub tersebut, muncul foto David Singleton dengan keterangan "head coach" di bagian bawah.

Proses perkenalan ini terbilang cepat. Pun dengan berita-berita yang mengikutinya. Senin pagi, akun Instagram Prawira memunculkan foto potongan lengan kiri, yang diketahui sebagai tangan David. Kemudian pada sore hari, manajemen KAI Bima Perkasa Jogja membuka fakta bahwa David sudah mengundurkan diri setelah IBL 2021 berakhir. Setelah itu pada hari Selasa, akun Prawira membuka misteri tentang pelatih baru mereka. 

"Saya sangat berterima kasih dan bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Sekarang saatnya bekerja. Ayo Prawira!" tulis David dalam kolom komentar unggahan Prawira. 

Dengan kabar ini, maka Prawira menjadi tim IBL ketiga yang dilatih David Singleton. Sebelumnya di menjadi arsitek Pacific Caesar Surabaya di IBL 2020. Kemudian melatih Bima Perkasa di IBL 2021. Pada musim keduanya di IBL, David berhasil menyabet gelar Coach of The Year. Dia juga mengantarkan Bima Perkasa masuk playoff.

"Saya rasa ini menjadi langkah tepat untuk tim ini (Prawira). Karena dari rekam jejaknya di kepelatihan, baik di level internasional dan khususnya di liga Indonesia sendiri," komentar Abraham Damar Grahita, mengenai pelatih barunya, Selasa, 22 Juni 2021.

Salah satu yang membuat persona David Singleton semakin menarik adalah bisa membangkitkan potensi pemain. Dalam dua musim terakhir, dia selalu mampu memunculkan pemain bintang. Sebut saja Indra Muhammad yang jadi Defensive Player of The Year saat David menjadi pelatih Pacific. Lalu di Bima Perkasa, David sukses mengantar Samuel Devin Susanto menjadi Rookie of The Year. Dia memberi kepercayaan kepada pemain debutan untuk berkontribusi lebih banyak di tim Bima Perkasa.

"Coach Dave ini dikenal selalu bisa mengeluarkan potensi terbaik setiap pemain. Dan, itu yang mungkin belum ada di tim Prawira," tegas Abraham.

Sampai saat ini belum ada kabar kapan David Singleton mendarat ke Bandung. Namun, seperti diketuhui, David masih menjadi kepala pelatih Fraser Valley Bandits di CEBL. Kompetisinya baru dimulai minggu depan. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar