IBL

Setelah Amartha Hangtuah Jakarta, lalu Prawira Bandung, kini giliran Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang mengumumkan perpisahan dengan kepala pelatihnya. Dari unggahan instagram resmi Pelita Jaya, diketahui bahwa Octaviarro Romely Tamtelahitu sudah tidak lagi menjabat sebagai kepala pelatih.

Kabar ini dibenarkan oleh Fictor Gideon Roring, Manajer Umum Pelita Jaya. Menurutnya, setiap musim akan ada evaluasi menyeluruh. Dan, untuk musim ini, keputusannya adalah mengakhiri kerjasama dengan Coach Ocky.

"Yang pasti, keputusan ini adalah yang terbaik menurut kami. Kami ingin berkembang terus ke depan. Baik untuk kami sendiri, maupun Coach Ocky pastinya. Setiap musim pasti kami adakan evaluasi menyeluruh," kata Coach Ito kepada Mainbasket, Sabtu malam, 12 Juni 2021.

Coach Ocky ditunjuk sebagai kepala pelatih Pelita Jaya di bulan April 2019 lalu. Kemudian dia mempersiapkan tim untuk tampil di IBL 2020. Sayangnya musim kompetisi 2020 tidak selesai karena pandemi Covid-19. Saat itu, Coach Ocky membawa Pelita Jaya menang 10 kali dari 13 pertandingan.

Beranjak ke musim 2021, Pelita Jaya tampil superior. Mereka hanya kalah sekali dari 16 pertandingan. Mereka tunduk dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Hal yang sama juga terjadi di babak final. Pelita Jaya kalah 1-2 atas Satria Muda dalam seri best-of-three. Dalam dua musim terakhir, Coach Ocky selalu masuk nominasi Coach of the Year.

Setelah kompetisi berakhir, tim Pelita Jaya libur. Beberapa pemain juga tampil membela Timnas Indonesia, yaitu Andakara Prastawa Dhyaksa, Govinda Julian Saputra, Agassi Yeshe Goantara, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Sementara, pemain yang tersisa akan kembali berlatih bulan depan.

"Kami pasti akan mencari gantinya (Coach Ocky)," tambah Ito. "Sekarang kami memang off. Kami akan mulai latihan lagi di bulan Juli."

Sejak IBL bergulir kembali di tahun 2016, Pelita Jaya selalu ada di papan atas klasemen liga. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar