IBL

Baru dua hari sejak kabar John Wall absen di sisa musim, prediksi mengenai pengganti perannya di Houston Rockets sudah langsung terlihat. Dalam gim melawan Milwaukee Bucks, Kamis, 29 April 2021, waktu setempat, Kevin Porter Jr. tampil istimewa dengan memimpin Rockets menang 143-136 di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat.

Selama 41 menit di lapangan, pemain yang akrab dengan akronim KPJ ini mencetak dobel-dobel 50 poin, 5 rebound, dan 11 asis. KPJ memasukkan 16/26 tembakan (61 persen), termasuk di dalamnya 9/15 tripoin (60 persen). Ia juga hanya gagal dua kali dari 11 kesempatan tembakan gratis. Sebagai pemain kidal, apa yang ia tampilkan hari ini cukup mengingatkan pendukung Rockets kepada James Harden.

Tak hanya secara pengamatan langsung, dari statistik pun KPJ berhasil menyamai Harden. Ia jadi pemain setelah Harden dalam sejarah Rockets yang mencetak 50+ poin dan 10+ asis dalam sebuah gim. Lebih lagi, KPJ juga jadi pemain termuda dalam sejarah NBA yang mampu mencetak catatan tersebut di sebuah gim. Ia berhasil menggeser LeBron James yang mencatatkannya pada usia 23 tahun 66 hari. KPJ sendiri baru berusia 20 tahun 360 hari. Untuk catatan poin saja, KPJ jadi pemain termuda keempat yang mampu menyentuh 50 poin. Sebelumnya, ada nama Brandon Jennings, LeBron James (lagi), dan Devin Booker.

Meski sudah menarik perhatian banyak penikmat NBA sejak masih SMA, karier KPJ tak selalu berjalan mulus. Memilih membela University of South Carolina, KPJ mengalami penurunan penilaian. Performanya di lapangan terganggu dengan cedera dan juga masalah kedisiplinan di luar lapangan. Hal ini membuatnya baru terpilih di urutan ke-30 NBA Draft 2019 oleh Cleveland Cavaliers.

(Baca juga: John Wall Tidak Akan Bermain Lagi di Sisa Musim 2020-2021)

Musim pertama bersama Cavaliers sebenarnya berjalan cukup normal. KPJ tampil 50 kali dan mencetak rataan 10,0 poin per gim. Namun, di awal musim ini, ia menyatakan keengganan untuk tampil dengan Cavaliers. Ia meminta ditukar dan akhirnya mendarat ke Rockets. Tak langsung bermain di Rockets, ia terlebih dulu tampil di NBA G League.

Penampilan KPJ di G League cukup istimewa. Ia memperlihatkan kemampuannya sebgaai seoarang pengatur serangan dan juga pencetak angka. Posturnya yang cukup kukuh membuatnya semakin sulit dihentikan. Penampilan ini membuat Rockets dengan yakin membawanya ke tim utama. Menariknya, tepat sebelum gim hari ini, KPJ mendapatkan hukuman karena pergi ke klub malam dengan Sterling Brown beberapa waktu lalu di Miami.

Jika masalah kedisiplinan ini bisa diperbaiki ke depannya oleh KPJ, rasanya potensi KPJ menjadi Harden selanjutnya semakin besar. KPJ bahkan sangat berpeluang besar melewati Harden karena atletisme dan usianya yang masih sangat muda. Mari kita tunggu gempuran-gempuran KPJ selanjutnya!(DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar