IBL

Dalam sepekan terakhir, Jayson Tatum yang jadi top skor Boston Celtics. Tapi kali ini justru Jaylen Brown yang muncul sebagai pemain terbaik saat Celtics menundukkan Los Angeles Lakers dengan skor 121-113, di Staples Center, Kamis malam, waktu Amerika Serikat. Brown hanya gagal tiga kali dari 20 percobaan tembakan.

Jaylen Brown menjadi pemain Celtics pertama yang mencetak 40 poin dengan akurasi tembakan 85 persen. Marcus Smart dan Payton Pritchard sama-sama mencetak 15 poin. Jayson Tatum dan Tristan Thompson masing-masing mendulang 14 poin. Sedangkan Kemba Walkers menyubang 12 poin dan 7 asis. Di kubu Lakers, Talen Horton-Tucker menyelesaikan pertandingan dengan torehan 19 poin, 7 asis dan 6 rebound, disusul Marc Gasol (18 poin), Ben McLemore (18 poin), Kyle Kuzma (13 poin), Montrezl Harrell (12 poin), dan Alfonso McKinnie.

Sebenarnya bisa dibilang ini kekalahan memalukan bagi Lakers. Karena tim inti yang dipilih kepala pelatih Frank Vogel tidak mampu mengimbangi permainan Celtics. Tapi Lakers punya kesempatan untuk mencuri kemenangan setelah kedua tim sama-sama menurunkan pemain cadangan. Di pertengahan kuarter keempat, Lakers bisa menurunkan keunggulan 27 poin milik Celtics hingga menyisakan lima poin saja. Tetapi Celtics mengembalikan tim inti untuk mempertahankan keunggulan. Termasuk memberi kesempatan bagi Jaylen Brown menyelesaikan tugasnya hari ini.

Lakers mendapatkan sumbangan 69 poin dari bangku cadangan. Meski kalah, namun para garda Lakers bisa membuat Celtics melakukan 21 turnover di pertandingan tersebut. Tetapi penampilan menjanjikan pemain muda belum cukup untuk menghapus kekhawatiran Frank Vogel di sisa musim ini. Sebab, mereka akan berhadapan dengan lawan-lawan yang berat. Beberapa hari ke depan, Lakers akan bertanding melawan Utah Jazz, dua kali berturut-turut. Bila mereka tidak segera berbenah, Lakers bakal jadi bulan-bulanan pemimpin klasemen Wilayah Barat tersebut.

Sementara itu, belum ada kabar tentang perkembangan penyembuhan cedera LeBron James dan Anthony Davis. Tampaknya, Lakers harus segera menemukan strategi yang baik, sebelum mereka berdua kembali bermain. Sebaliknya, Celtics yang sudah menang lima pertandingan beruntun, dan 7 dari 8 laga terakhir. mencoba untuk menyusul Milwaukee Bucks dan Atlanta Hawks. (tor)

Foto: nba.com

Komentar