IBL

Setelah sekian lama tidak ada perang pemain-pemain bintang alias All-Star, musim ini IBL akan kembali menggelar laga All-Star. Gagasan ini datang dari sponsor utama untuk bisa menghadirkan laga hiburan bagi para pecinta basket tanah air.

Laga All Star terakhir digelar pada tahun 2013. Wakti itu liga masih bernama NBL Indonesia dan laga All Star mendatangkan bintang tamu Horace Grant dan Rafer Alston. Sejatinya pihak penyelenggara IBL 2017 memang berencana akan menggelar laga All-Star, namun karena mepetnya jadwal kompetisi mereka urungkan niat tersebut. Hanya saja, sponsor utama tetap bersikeras agar laga ini bisa digelar.

"Gagasan All-Star memang dari sponsor. Kami sebenarnya ada juga keinginan, tapi karena waktu musim ini mepet, akhirnya kami sepakat menjalankan di tengah seri Jakarta. Yakni tanggal 5 Maret 2017," ucap Hasan Gozali ketika dihubungi lewat aplikasi percakapan.

Hasan yang saat ini berada di Beijing, Tiongkok, menjelaskan mekanisme pemilihan starter yang akan bermain di laga All-Star. Mula-mula dari penyelenggara liga mengajukan 15 nominasi nama dari masing-masing divisi, Merah dan Putih. Lalu semuanya di pilih lewat sosial media sponsor.

"Dari top voters akan dipilih 2 pemain impor terbaik dan 3 lokal. Dua pemain impor harus terbagi sebagai 1 big dan 1 small," lanjut Hasan. "Kalau untuk lokal tidak ada batasan posisi."

Sementara itu untuk pemain cadangan, akan dipilih oleh para kepala pelatih kontestan IBL. Formatnya sama dengan pemilihan starter yakni memilih dua pemain asing dan tiga pemain lokal. Syaratnya, para pelatih tidak boleh memilih pemain dari tim sendiri.

Jadi siapapun starters yang akan bermain di IBL All-Star mendatang, murni dipilih oleh fans. Artinya semakin banyak fans yang memilihnya, kemungkinan besar ia bisa jadi starter di perang bintang nanti. Selain itu ada juga Slam Dunk Contest dan Skill Competition yang pesertanya akan segera diumumkan.

"Harapannya meriah dan lancar, dengan persiapan yang sangat mepet, semoga fans IBL bisa menikmati hiburan dari acara All-Star tersebut," pungkas Hasan.

Pemilihan pemain dilakukan melalui instagram dan akan ditutup pada 25 Februari 2017. Saat ini sudah ada 30 nama pemain yang siap dipilih. Hingga hari ini, Jumat (24 Februari 2017), para pemain lokal seperti Mario Wuysang, Kelly Purwanto, Sandy Febiansyakh dan Andakara Prastawa mendapat suara pilihan yang cukup tinggi. Sementara untuk pemain asing, Jamarr Andre Johnson, Tyreek Jewell dan Kevin Loiselle menjadi pilihan favorit.

Foto: Hari Purwanto

Komentar