IBL

Indonesia Patriots bangkit dari kekalahan atas West Bandits Solo. Menghadapi Amartha Hangtuah di hari kedua Seri 3, Patriots meraih kemenangan telak 84-57. Meski menang telak, Patriots sempat kesulitan di paruh pertama. Di kurun waktu tersebut, Patriots hanya mencetak 23 poin. Sedangkan di paruh kedua, Patriots bangkit dengan mencetak 61 poin.

Area kunci adalah salah satu kelemahan terbesar Patriots. Namun, Hangtuah tak memiliki intensitas untuk menyerang ke arah sana. Bahkan, dari 60 tembakan Hangtuah hari ini, 37 di antaranya justru datang dari tripoin. Buruknya lagi, hanya delapan tripoin Hangtuah yang menemui sasaran (21 persen). Hal ini membuat Patriots bisa melaju lebih tenang.

Ali Bagir Alhadar jadi top skor gim ini dengan dobel-dobel 20 poin dan 10 rebound. Selama 20 menit, Bagir memasukkan 7 dari 13 percobaan tembakannya (53 persen). Termasuk di dalamnya 3/8 tripoin (37 persen). Hendrick Xavi Yonga yang memuali gim dari bangku cadangan menambahkan 15 poin sedangkan Kelvin Sanjaya mencetak 11 poin plus 8 rebound.

“Pertama saya mau mohon maaf atas insiden yang terjadi di gim sebelumnya. Saya sendiri cukup senang melihat teman-teman bisa bangkit dari kekalahan gim lalu. Kami tampil fokus hari ini dan berhasil mengunci kemenangan di paruh kedua. Paruh pertama sendiri berjalan cukup sulit karena tim kami melakukan beberapa rotasi pemain,” kata Bagir usai gim kepada Mainbasket.

Hanya ada satu pemain Hangtuah yang menyentuh dua digit poin yakni Oki Wira Sanjaya. Top skor Hangtuah musim ini, Fisyaiful Amir, bahkan sama sekali tak mencetak angka. Bermain 24 menit, Fisyaiful hanya melepaskan tiga tembakan dan tak menemui sasaran. Ini jadi kekalahan kedelapan Hangtuah dari sembilan gim.

“Kami tidak berubah sama sekali sejak awal musim. Di paruh pertama gim, kami selalu bisa mengimbangi atau bahkan unggul dari lawan. Di paruh kedua, kami kehilangan fokus dan semangat untuk menang hingga akhirnya kalah. Ini masih masalah utama di kami, konsistensi untuk menutup gim dengan kemenangan,” terang Oki Wira usai gim.

Hasil ini membuat Patriots sukses menyapu bersih dua pertemuan dengan Hangtuah. Di gim pertama, Patriots menang 70-60. Secara keseluruhan, Patriots juga hanya kalah dua kali dari 10 gim. Patriots untuk sementara memuncakli klasemen Divisi Putih. Patriots akan kembali bermain esok hari melawan Prawira Bandung sedangkan Hangtuah baru bermain lagi lusa, menghadapi West Bandits. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan

 

Komentar