IBL

Perpindahan pemain NBA semakin dinamis menjelang ditutupnya pasar bursa transfer dua minggu lagi. Kabar barunya, Hamidou Diallo dikirim ke Detroit Pistons pada Jumat malam, waktu Amerika Serikat, dengan skenario pertukaran pemain. Selain OKC Thunder ingin mengumpulkan aset dengan mendapatkan tiket NBA Draft, mereka sepertinya tidak membutuhkan Diallo dalam tim. Keberadaan Luguentz Dort memicu Thunder makin yakin untuk mengirim Diallo ke Pistons.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski dari ESPN, Detroit memberikan tiket putaran kedua Draft NBA 2027 melalui Houston Rockets dan menyertakan Svi Mykhailiuk dalam paket perdagangan dengan OKC Thunder. Sebagai imbalannya, Thunder menyerahkan Hamidou Diallo, yang akan berstatus "free agent" pada akhir musim nanti.

Diallo awalnya menjadi pemain yang masuk program peremajaan tim yang dilakukan Thunder. Tetapi tampaknya manajemen Thunder lebih menaruh harapan besar pada Luguentz Dort. Pemain asal Kanada yang mulai bergabung musim lalu. Dort mencetak rata-rata 6,8 poin per pertandingan dalam 36 penampilan musim lalu. Sementara, penampilan Dort juga meningkat musim ini. Dort mampu mencetak rata-rata 12,4 poin, 3,5 rebound, dan 1,5 assist per pertandingan dalam 36 laga di musim 2020-2021.

Performa menawan Dort secara tidak langsung berpengaruh pada penilaian manajemen terhadap Diallo. Padahal pemain berusia 22 tahun tersebut bisa mencetak rata-rata 16,4 poin, 6,4 rebound, dan 3,6 assist dalam delapan pertandingan. Lebih tepatnya sejak 29 Januari hingga 12 Februari 2021. Namun catatan tersebut tidak lantas membuatnya aman dari skenario transfer pemain. Buktinya, Thunder sudah mengirimnya ke Pistons.

Di sisi lain, Pistons sudah memulai proyek regenerasi musim ini. Sebelumnya Pistons sudah merelakan Derrick Rose untuk bergabung dengan New York Knicks. Setelah itu, mereka juga melepas Blake Griffin, yang belakangan bergabung dengan Brooklyn Nets.

Diallo yang masih berusia 22 tahun menjadi prospek bagus bagi program mereka. Diallo akan bekerja sama dengan dua pemuda asal Perancis milik Pistons, yaitu Sekou Doumbouya dan Killian Hayes. (tor)

Foto: The Oklahoman

Komentar